Disdik Gelar Sosialisasi UN SD dan SMP Sederajat

1749
Sosialisasi UN di Muara Teweh
Sosialisasi UN di Muara Teweh

MUARA TEWEH/tabengan.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar sosialisasi terkait kegiatan ujian nasional yang akan dilaksanakan oleh dinas pendidikan untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala dinas Pendidikan Barito Utara, Drs H Masdulhaq didampingi Kabid pembinaan pendidikan dasar, H Ardian, yang di laksanakan di Aula Sanggar Kesenian Budaya (SKB) Muara Teweh, Kamis (13/4).

Disampaikan Masdulhaq, kegiatan Ujian Nasional untuk SD dan SMP sederajat akan dilaksanakan dengan menggunakan dua sistem yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Dia mengharapkan, UN pada tahun 2017 ini dapat berjalan sesuai dengan rencana program dari dinas pendidikan. Demikian pula dengan kelulusan siswa akan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah. Hasil nilai ujian berstandar nasional dan ujian sekolah akan digabung sebagai nilai penentu kelulusan siswa.

“Meskipun nilai digabung antara nilai UN ujian sekolah, tidak menutup kemungkinan, apabila peserta didik sering tidak mengikuti pembelajaran disekolah dapat dinyatakan lulus, ini jangan sampai terjadi demikian. Apabila terjadi, berarti kepala sekolah tidak mengawasi hal tersbut,” terangnya.

Pada tahun 2017 ini, lanjut dia, UN banyak perbedaan dengan tahun sebelumnya, antara lain pelaksanaannya bertepatan dengan hari pendidikan yakni pada 2 Mei. “Namun kami belum mendapat kepastian mengenai waktu pelaksanaan UN, terutama untuk UN kelas IX tingkat SMP sederajat. Selain itu juga, pada tahun ini, sistem ujian nasional lebih banyak sekolah yang akan menggunakan system UNBK,” terangnya.c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here