DPRD Balangan Kunker ke DPRD Palangka Raya

2404
Kunker DPRD balangan ke DPRD kota Palangka Raya
DPRD Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan kerja ke kantor DPRD Kota Palangka Raya, dan foto bersama dengan jajaran Sekretariat Dewan.

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), melakukan kunjungan kerjanya ke DPRD Kota Palangka Raya, Rabu (12/4). Sayangnya, kedatangan sejumlah anggota Dewan dari provinsi tetangga ini, dilakukan saat semua anggota DPRD Kota Palangka Raya tidak berada di tempat. Seluruh Anggota Dewan Kota saat ini sedang melakukan rangkaian kunjungan kerja sekaligus study banding ke Jakarta.

Kedatangan anggota DPRD Balangan ini hanya disambut tiga orang staf ahli DPRD Kota, yakni Frangklin Tiong, Saubari Kusmiran, dan Apriwati, serta Kabag Perundang-undangan Sekretariat DPRD, Sri Sulastri. Meski hanya disambut jajaran Sekretariat Dewan, namun pertemuan tersebut dapat berjalan dengan baik dan saling komunikatif.

Menurut staf ahli DPRD Kota Palangka Raya, Saubari Kusmiran, kedatangan DPRD Kabupaten Balangan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Palangka Raya dalam rangka pembahasan LKPJ Bupati Balangan. Mereka minta masukan dan saran dari Dewan Kota yang telah melaksanakan LKPJ Walikota. “Yang ingin mereka ketahui atau pertanyakan dari studi banding ini adalah bagaimana tahapan pembahasan mengenai LKPJ Walikota, kita sudah jelaskan bahwa pembahasan LKPJ Walikota di Palangka Raya tidak menggunakan panitia khusus (Pansus), namun mereka pihak Kabupaten Balangan ingin menggunakan Pansus,” ujar Saubari.

Lebih lanjut dijelaskan, LPJK Walikota langsung melakukan pembahasan alat kelengkapan Dewan dalam hal ini komisi-komisi di DPRD dengan mitra kerjanya yakni pihak Eksekutif. Tahapan-tahapannya antara lain rapat komisi dengan mitra kerja, kunjungan ke lapangan berkaitan dengan penggunaan anggaran dan study banding.

Kemudian mereka juga tertarik pengadaan tenaga ahli atau staf ahli DPRD, karena di Balangan belum ada.

“Makanya mereka tertarik memiliki staf ahli juga, sehingga mereka meminta masukan bagaimana cara rekrutmen staf ahli tersebut,” kata mantan Ketua Baleg DPRD Kota Palangka Raya. Karena mereka mengganggap keberadaan staf ahli turut membantu kinerja anggota DPRD Kota. Saubari mengakui kedatangan anggota DPRD Balangan ini, kebetulan anggota DPRD Kota Palangka Raya sedang melakukan serangkaian kunjungan kerja dan study banding ke luar daerah. Sesuai dengan jadwal di Badan Musyawarah (Banmus), anggota Dewan masih melakukan kunker dan study banding.

“Bahkan kepada rombongan DPRD Balangan, sebelumnya telah diberitahukan bahwa anggota DPRD Kota Palangka Raya sedang tidak berada di tempat saat ini, tapi mereka tetap melakukan kunjungan kerjanya DPRD Kota Palangka Raya, dan tetap kita layani,” ujarnya didampingi Franklin Tiong.

Menurutnya, yang jelas tujuan pihak DPRD Balangan study banding sudah tercapai, artinya mereka puas dengan penjelasan dan masukan yang kita disampaikan, sehingga membuka wawasan mereka mengenai LKPJ maupun staf ahli dan lainnya. edw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here