Sukamara Bentuk Jejaring Sanitasi

2579
Advokasi jejaring sanitasi di Sukamara
Advokasi jejaring sanitasi di Sukamara

SUKAMARA/tabengan.com – Untuk mengubah pola hidup masyarakat akan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Advokasi Jejaring Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tingkat Kabupaten Sukamara tahun 2017, kemarin.

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman dalam sambutan yang dibacakan Sekda Sukamara H Sumantri HW mengatakan, pembangunan di bidang kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terjadi peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Pembangunan di bidang kesehatan implementasinya adalah pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan asas-asas prikemanusiaan, pemberdayaan, kemandirian, adil dan merata serta pengutamaan manfaat,” kata Sumantri.

Menurutnya, untuk mengubah pola yang sudah berjalan turun-temurun bukan hanya tugas Dinas Kesehatan, tapi diperlukan kerja sama untuk mengubah mindset tersebut, sehingga seluruh lintas sektor terkait sebagai jejaring STBM dan pemangku kepentingan sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing agar saling bahu-membahu untuk bersama-sama menyukseskan gerakan STBM guna mencapai universal access tahun 2019.

Dengan dibentuknya jejaring sanitasi ini diharapkan dalam waktu 2 tahun ini apa yang menjadi tujuan pemerintah yaitu universal acces 2019 dapat tercapai sesuai dengan harapan, karena dikerjakan secara keroyokan.

Dikatakannya, dalam membentuk jejaring sanitasi ini bukan hanya terpaku pada SOPD, tapi pihak swasta juga ikut dilibatkan, terutama PBS melalui CSR dapat memberikan kontribusi pada desa-desa yang berada di sekitarnya berupa bantuan akses tarhadap air minum dan akses terhadap jamban sehat permanen.

“Jadi ada beberapa SOPD yang terlibat langsung dalam jejaring sanitasi ini seperti Bappeda, Perkim, Lingkungan Hidup, Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sos PMD PP dan PA, Dinas Kesehatan, kecamatan dan Tim Penggerak PKK, kelurahan dan desa, juga tim penggerak PKK-nya, serta UTD puskesmas dan mitra usaha swasta melalui CSR-nya,” terang Sumantri.c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here