Dinkes Akan Gelar Operasi Katarak Gratis

2134
Operasi katarak di RSUD Muara Teweh
Operasi katarak di RSUD Muara Teweh

MUARA TEWEH/tabengan.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara (Barut) dalam waktu dekat ini akan melaksanakan operasi katarak gratis, terutama bagi warga yang kurang mampu didaerah ini. Kegiatan operasi katarak ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 April 2017 mendatang, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara H Robansyah menuturkan, dalam kegiatan operasi katarak ini pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara, maupun di RSUD Muara Teweh.

“Berdasarkan data yang diterima, jumlah warga yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi katarak gratis ini sebanyak 115 orang. Target mata yang dilakukan operasi katarak tahun ini sebanyak 50 mata. Tapi jika dalam hal ini jumlah mata yang siap di operasi melebihi target 50 mata, tetap akan dilayani atau tetap dioperasi oleh dokter spesialis,” kata Robansyah, Rabu (12/4).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya penderita katarak terlebih dahulu dicek kesehatannya sebelum di operasi. Sebab apabila dalam hal ini penderita katarak tekanan darahnya tinggi atau menderita kencing manis, tidak dapat di operasi. Selain itu, apabila penderita katarak yang dalam hal ini kataraknya masih belum masak maka tidak dapat dilakukan operasi.

“Untuk itu kita juga menghimbau kepada masyarakat yang telah mendaftar untuk mengikuti operasi katarak ini agar dapat menjaga serta mengecek dan mengontrol kesehatannya terlebih dahulu, sehingga pada waktu akan dilakukan operasi katarak gratis di RSUD Muara Teweh benar-benar dalam kondisi yang prima,” pungkasnya.c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here