Bupati Resmikan Asrama Mahasiswa

2396
Peresmian asrama mahasiswa Sukamara di Palangka Raya
Peresmian asrama mahasiswa Sukamara di Palangka Raya

SUKAMARA/tabengan.com – Guna memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mahasiswa asal Sukamara yang menempuh pendidikan di Palangka Raya, Pemerinrah Kabupaten Sukamara kembali membangun gedung asrama, dan peresmiannya langsung dilakukan oleh Bupati Sukamara, Senin ( 10/4 ).

Dirman mengatakan, sebagai mahasiswa kaum intelektual juga insan akademis dan sering dikatakan sebagai generasi penerus bangsa dan cerminan bangsa di masa depan. Dalam pembangunan, generasi muda atau mahasiswa tidak pernah luput atau tidak bisa dipisahkan karena mereka bersinergi antara satu dan yang lainnya.

Karena itu, sangat tepat pada momen ini melalui tema mempersiapkan kader pembangunan daerah, mahasiswa dapat berperan dengan cara belajar keras dalam menuntut ilmu untuk diterapkan dalam masyarakat, berperan sebagai sumber inspirasi dalam lingkungan masyarakat dan sebagai kontrol pembangunan, yang secara langsung maupun tidak langsung mempunyai beban amanah dan tanggung jawab moril kepada daerah.

“Sebagai putra-putri daerah yang menimba ilmu di perguruan tinggi di luar daerah meninggalkan kampung halaman untuk bisa menunjukkan kepedulian dalam pembangunan daerah dengan berbagai cara, melalui membangun citra yang baik, dan berprestasi di bidang keilmuan masing-masing guna meningkatkan keterampilan, kecakapan dan kemampuan individu agar memiliki bekal yang cukup untuk berkompetisi dan mampu membaca peluang di masa mendatang,” kata Dirman.

Menurutnya, setelah kembali menuntut ilmu mahasiswa ini diharapkan bukan hanya ingin duduk di pemerintahan tapi membangun daerah di bidang masing-masing, bisa di pemerintahan maupun swasta.

“Rawat dan pergunakanlah sebagai mana mestinya asrama ini, silakan Himpunan Mahasiswa Sukamara (HIMA) berkoordinasi dengan instansi atau SOPD yang terkait untuk bagaimana tata kelola penggunaan asrama ini nantinya,” ujar Dirman.

Bupati Sukamara juga melantik pengurus HIMA Palangka Raya periode 2017-2019 dan berharap organisasi mahasiswa kedaerahan secara institusional sebagai wadah mahasiswa dalam hal memfasilitasi peran mahasiswa sebagai duta masyarakat dalam hal mentranspormasikan pola fikir kepada daerahnya.

Plt Kepala Dinas Perumahan rakyat dan Kawasan Pemukiman Suykamara H Arief Rahman Hakim mengatakan, pembangunan asrama ini dilaksanakan dengan menggunakan APBD Sukamara dengan dana Rp7,2 M untuk menyelesaikan asrama baik putra maupun puteri. Aanggaran yang dimulai dari tahun 2010 hingga 2016, dengan bangunan dua tingkat serta memiliki 62 kamar. c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here