Transportasi Air Harus Miliki Fasilitas Keselamatan

1712
Transportasi air di Barito Selatan
Transportasi air di Barito Selatan

BUNTOK/tabengan.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupataten Barito Selatan (Barsel) diharapkan bertindak tegas dengan tidak memberi izin berangkat kepada setiap sarana transportasi angkutan umum di air yang tidak melengkapi fasilitas keselamatan penumpang.

“Saya melihat sendiri hampir semua sarana transportasi umum di DAS Barito ini, tidak tidak memenuhi kewajibannya untuk menyediakan pelampung bagi setiap penumpang yang siap di berangkatkan,” kata Jailani, warga Buntok kepada Tabengan, Senin (10/4).

Dia menambahkan, terkait hal tersebut perlu adanya ketegasan dari jajaran Dishub. Dimana tujuanya tidak lain demi untuk keselamatan para pengguna angkutan sungai.

“Kita semua memang tidak menghendaki terjadi kecelakaan, tapi perlu adanya kesiapan meminimalisir korban jiwa, jika itu terjadi,” tambahnya.

Sementara Anggota DPRD Barsel H Abdul Gani membenarkan apa yang diungkapkan Jailani tersebut. Menurut dia kelalaian jelas dari pihak perhubungan yang seharusnya wajib mengecek berbagai kelengkapan penumpang sebelum melakukan perjalanan.

“Sepengetahuan saya mereka hanya mengecek tiket penumpang dan jumlah penumpang saja, tapi tidak pernah memperhatikan apakah angkutan ada menyedikan pelampung untuk menjaga keselamatan penumpang,” imbuhnya.

Dia berharap kepada pemerintah daerah atau instansi terkait jangan menunggu sudah terjadi musibah kecelakaan angkutan air dan menelan koraban jiwa baru memperhatikan fasilitas keselamatan. c-lis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here