Pemilih Pemula Katingan Minta Sosialisasi Pilkada dari KPU

5847
Elsadila Risnata
Elsadila Risnata

KASONGAN/tabengan.com – Sejumlah warga Katingan yang merupakan pemilih pemula meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan agar mensosialisasikan tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Juni 2018 yang akan datang.

“Meskipun usia seperti saya dan kawan-kawan lainnya sudah genap 17 tahun, dan mempunyai hak untuk memilih. Namun sebagai pemilih pemula, belum mengetahui bagaimana cara melakukan Pilkada dimaksud. Karena itu, kami minta KPU Katingan agar memberikan pemahaman tentang Pilkada dimaksud,” kata Elsadila Risnata, pelajar SMA Negeri II Katingan Hilir kepada Tabengan, baru-baru ini, saat ditemui di kediamannya Jalan Tenggareng II/Soekarno Hatta – Kasongan.

Adapun alasan yang disampaikannya, jika di Pilkada nanti sudah sampai waktunya mendapatkan undangan untuk memberikan suara kepada pasangan calon kepala daerah, ternyata salah coblos, tentu saja ratusan suara pelajar atau pemilih pemula menjadi hilang.

Kalau suara mereka hilang, selain merugikan bagi pemilih itu sendiri, juga merugikan bagi calon kepala daerah yang dicoblosnya dengan niat lillahita’ala. Karena itu, pemahaman-pemahaman yang diberikan oleh KPU setempat sangat diharapkan oleh ratusan, bahkan hampir seribu orang pelajar yang akan menjadi pemilih pemula pada tahun 2018 nanti. “Termasuk saya sendiri, yang saat ini genap berusia 17 tahun,” jelas gadis yang telah melaksanakan Ulang Tahun (Ultah)-nya yang ke 17 tahun pada 15 Maret lalu.

Beberapa pemahaman tentang Pilkada dimaksud, yang dibutuhkan oleh dirinya dan ratusan pemilih pemula, menurut putri sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Aris dan Lina ini, diantaranya tentang tata cara Pendaftaran Pemilih Tetap (DPT), persyaratan khusus dan umum yang harus dipenuhi oleh pemilih pemula dan tata cara memberikan suara (mencoblos) kepada calon kepala daerah, serta beberapa pemahaman lainnya.

“Sehingga, di hari H nanti kami tidak lagi menanyakan kepada petugas. Karena, sudah mengetahui dengan jelas saat KPU mensosalisasikan tentang Pilkada dimaksud,” ujarnya, seraya berharap Pilkada di bulan Juni 2018 nanti dapat berjalan lancar, aman, dan sukses.c-dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here