Ribuan Warga Saksikan Kirab Pesona Budaya

256
kirab budaya pernikahan gubernur kalteng
Suasana Kirab Budaya dalam rangka pernikahan Gubernur Kalimantan Tengah dan Yulistra Ivo Azhari

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Hari bahagia pasangan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama dengan istri Yulistra Ivo Azhari, diwarnai dengan berbagai macam acara.

Acara pernikahan itu pula menjadi akhir dari masa duda yang selama ini melekat pada pria yang sekarang menjabat sebagai orang nomor satu di Kalteng.

Berbagai acara digelar sebagai bentuk perayaan, sekaligus ucapan syukur dan rasa berbagi kepada masyarakat dipersembahkan. Mulai jamuan makan bagi masyarakat yang hadir, pesta rakyat, kirab pesona budaya, dan ditutup dengan acara potong kue pengantin.

Acara ini sendiri dihadiri sejumlah pejabat dari kabupaten/kota, pejabat tingkat provinisi, sampai pejabat tingkat nasional. Tidak tanggung-tanggung, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, dan jajaran menteri menghadiri acara pernikahan tersebut.

Koordinator Bidang Publikasi Kegiatan Pernikahan, Herson Barthel Aden, menjelaskan, serangkaian kegiatan memang dipersiapkan dalam memeriahkan pernikahan Gubernur Kalteng ini. Tentunya, melalui kegiatan yang dipersembahkan kepada masyarakat, seiring dengan doa pula agar pasangan ini dapat hidup, dan memiliki rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rohmah, sampai selama-lamanya.

“Acara pernikahan pak Gubernur sendiri terdiri dari berbagai rangkaian. Diawali dengan acara ijab kabul, pada pukul 10.00 WIB. Dimana yang hadir secara langsung sekaligus menjadi saksi pada pelaksanaan akad nikah itu adalah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Hadir pula sejumlah ketua partai politik tingkat nasional dan jajaran menteri kabinet kerja,” kata Herson, Kamis (25/1).

Dikatakan, usai menggelar akad nikah dan acara resepsi, dilanjutkan dengan acara kirab pesona budaya. Pada kesempatan ini pasangan yang baru saja menikah, akan keluar untuk menyapa masyarakat yang ada di Palangka Raya ini, dan pada akhirnya akan kembali ke titik awal untuk melaksanakan pemotongan kue pernikahan. Disini, acara yang dilaksanakan tidak semata untuk kemeriahan saja, tapi juga untuk berbagi kepada masyarakat.

Pada kegiatan menyapa masyarakat, lanjut Herson, pasangan ini akan menaiki sebuah kendaraan kendaraan besar bernama Banama Tingang, hasil karya para panitia. Pada kesempatan ini, gubernur dan istri akan berkeliling untuk menyapa masyarakat yang memadati Palangka Raya. Ada sekitar 40-50 ribu masyarakat yang hadir dalam kegiatan pernikahan ini. Sementara untuk peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan kirab mencapai 70 peserta.

Dari 70 peserta itu, terang dia, ada sekitar 3,4 ribu orang yang berpartisipasi untuk memeriahkan. Semua itu, diberikan dan dipersembahkan kepada pasangan yang sedang berbahagia. Tentu, seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa apa yang dilaksanakan ini, tentunya dibarengi dengan iringan doa bagi keduanya. Iringan kirab pesona budaya ini sendiri, dihadiri oleh berbagai kalangan, dan juga instansi di lingkungan pemerintah provinsi.

Pantauan di lapangan, ribuan warga di Palangka Raya pada Kamis siang antusias menyaksikan kirab budaya Indonesia dalam rangka rangkaian acara pernikahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dengan Yulistra Ivo Azhari.

Kirab budaya tersebut dilaksanakan mulai dan berakhir kembali di depan Rumah Jabatan Gubernur di kawasan Bundaran Besar, Kota Palangka Raya. ded

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here