Kwarcab Pramuka Gelar Muscab Luar Biasa

2691
Muscab Luar Biasa Pramuka Katingan
Muscab Luar Biasa Pramuka Katingan

KASONGAN/tabengan.com – Sesuai dengan ketentuan organisasi gerakan pramuka bahwa setiap terjadi hal hal luar biasa dan bersifat mendesak maka Kwartir berkewajiban menyelenggarakan muasyawarah sebagai wadah konsolidasi organiasi. Mengingat Ketua Gerakan Pramuka 1508 Kwarcab Pramuka Katingan meninggal dunia maka Kwarcab menggelar Musyawarah Cabang luar biasa.

Musyawarah Cabang merupakan forum tertinggi dalam gerakan pramuka sebagai amanat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka sebagai langkah pengendalian operasional di lingkungan gerakan pramuka Katingan kedepan.

Bupati Katingan H Ahmad Yantenglie dalam arahannya saat membuka kegiatan Muscab di Aula Hotel Katingan, Minggu (26/3), mengatakan kegiatan Muscab Pramuka Katingan untuk menyikapi dinamika yang berkembang di Katingan sekarang ini dan gerakan pramuka merupakan sebuah gerakan yang menjadi Pandu Bangsa Indonesia.

“Saya berharap dengan digelarnya kegiatan Muscab Luar Biasa ini, siapa yang mengantikan antar waktu nantinya bisa menjalankan program kerjanya dengan strategi yang cemerlang. Jangan semua program kerja serentak dilaksanakan namun harus memulai dari persolan yang mana dilakukan sehingga tahap demi tahap bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Bupati.

Menurut Bupati, pramuka mempunyai gerakan yang luar biasa maka mengacu pada perundang-undangan, sekolah diwajibkan menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan. Diketahui saat ini, masih ada sekolah yang tidak menjalankan kepramukaan.

“Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan Nasional serta membangun dunia yang lebih baik. Gerakan pramuka berfungsi sebagai lembaga pendidikan non formal di luar sekolah dan di luar keluarga dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda serta menerapkan prinsip pramuka yakni satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Luar Biasa Cabang Gerakan Pramuka Katingan Sunardi N Litang mengatakan Muscab dilaksanakan karena Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Katingan Hartono S Pd.M.Pd meninggal dunia pada Februari 2017 lalu, sekaligus untuk penyampaian LPJ pelaksanaan program kepengurusan Kwarcab pada 2016.

“Untuk itu kita melakukan pemilihan Ketua Kwarcab Katingan periode 2015-2020 melanjutkan program kepemimpinan yang terdahulu dalam artian pergantian antar waktu,” kata Sunardi.c-sus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here