Puting Beliung Terjang Pulpis

59
ilustrasi puting beliung
Ilustrasi

PULANG PISAU/tabengan.com – Angin Puting Beliung melanda Kota Pulang Pisau, Kamis (30/11) sekitar Pukul 17.10 WIB. Kuatnya embusan angin dan disertai hujan cukup deras mengakibatkan rusaknya beberapa infrastruktur sehingga aliran listrik padam dengan waktu yang cukup lama. Sejumlah rumah juga rusak akibat terjangan angin, beberapa pohon di dalam kota tumbang.

Tidak diketahui secara pasti berapa kerugian yang diderita akibat angin kencang tersebut. BPBD setempat masih belum menginventarisasi kerusakan meski sudah menurunkan anggota untuk membersihkan pohon tumbang yang di antaranya menyebabkan terputusnya jaringan listrik.

Dari pantauan dan informasi yang disampaikan warga, ada dua pohon tumbang yakni di Jalan Abel Gawei dan Jalan Panujung Tarung. Satu unit baliho besar di Jalan WAD Dhuha dan tiang antena komunikasi milik warga di Kompleks Perumahan Anjir Pulang Pisau juga roboh diterjang angin. Angin kencang juga merusak rumah milik warga di Pasar Kamis.
Ketua RT 10 Desa Anjir Pulang Pisau Husni mengungkapkan, satu rumah Masie, janda berusia 81 tahun, rusak berat ditimpa pohon yang tumbang.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Padahal banyak anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah tersebut,” terang Husni awak media, kemarin.

Husni berharap musibah yang dialami warga ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah setempat karena warga tersebut salah satu warga yang kurang mampu.

Kerusakan juga dialami rumah bambu di Desa Buntoi Kecamatan Kahayan Hilir. Bagian atap infrastruktur yang dijadikan sebagai Pusat Sarana Komunikasi Iklim (PSKI) Desa Buntoi rusak dan sebagian atap terlepas. Dari Pukul 17.10 WIB sampai pukul 21.00 WIB, jaringan listrik di beberapa daerah Kota Pulang Pisau mengalami pemadaman.

Polres Peduli Bencana
Jumat (1/12) pukul 08.00 WIB, anggota Polres Pulang Pisau yang dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Edia Sutaata langsung turun bersama jajaran Tanggap Bencana Puting Beliung untuk membantu warga setempat yang menglami bencana.

Dikatakan Edia, aksi pihaknya ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang mengalami bencana. Dan, tidak hanya itu, pihaknya pun langsung membelikan beberapa bantuan seperti atap seng dan beberapa kebutuhan dalam perbaikan rumah warga yang rusak parah.

“Bantuan kita ini harapannya untuk dapat meringankan warga kita yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana tadi malam, dan ini salah satu bentuk kepedulian kita,” tandas Edia. c-mye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here