MOTOGP Seri I, Qatar Dibayangi Hujan Deras

987
Rider Tim Yamaha MOTOGP 2017
Rider Tim Yamaha MOTOGP 2017

DOHA/tabengan.com – Seri perdana MotoGP 2017 bakal bergulir di Sirkuit Losail, Qatar pada Senin (27/3) dinihari WIB. Balapan tersebut diprediksi akan turun hujan. Sejak balapan GP Qatar berlangsung di malam hari belum pernah turun hujan hingga musim 2016. Namun pada musim 2009, pernah sekali dilanda hujan dan balapan ditunda hingga Senin malam.

Panitia pelaksana MotoGP 2017 telah memperkirakan hujan bakal mengguyur Sirkuit Losail, Qatar sejak bulan lalu. Perwakilan MotoGP yakni Franco Uncini dan Loris Capirossi, sudah melakukan uji coba di Qatar untuk mengamati pantulan sorotan lampu pada trek yang basah dapat mengganggu pembalap.

Michelin sebagai pemasok ban untuk para pembalap di kompetisi MotoGP 2017, akan menyediakan jenis ban basah untuk para pembalap. Namun, kondisi di Sirkuit Losail tidak menentu saat balapan berlangsung di malam hari. Pasalnya, karakteristik sirkuit tersebut berada di kawasan Timur Tengah dengan kondisi geografis padang pasir.

Para pembalap sudah bersiap untuk menyambut seri perdana ini. Pembalap Tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, mengakui persaingan meraih gelar juara MotoGP 2017 akan berlangsung ketat.

“Sulit untuk memprediksi balapan dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Tetapi, kami akan memulai akhir pekan ini dengan penuh keyakinan dan keinginan untuk melakukan yang terbaik,” ucap Pedrosa, mengutip dari laman resmi Repsol Honda, Jumat (24/3).

Pada sesi tes uji coba pramusim terakhir MotoGP 2017, Pedrosa menuai hasil baik di Sirkuit Losail. Ia berhasil finis di posisi tiga dengan catatan waktu 1 menit 54,469 detik dan unggul atas rekan setimnya, Marc Marquez di urutan 10. Pebalap baru Movistar Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, semakin percaya diri memenangkan seri balapan perdana MotoGP. Vinales menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas di Sirkuit Losail, Doha, Jumat (24/3). Vinales tampak memahami kecepatan motornya YZR-M1. Juara dunia Moto3 itu sekaligus sukses mengasapi juara bertahan yang kompatriotnya, Marc Marquez.

Selama 45 menit sesi pertama berlangsung. Vinales mencatatkan waktu 1 menit 54.316 detik selama 45 menit balapan. Mantan rider Suzuki ini lebih cepat 0.596 detik dari Marquez. “Saya merasa yakin dan merasakan hal yang sama pada latihan bebas ini. Saya tampil dengan motor yang sama jadi saya hanya mencoba melakukan yang terbaik,” ungkap Vinales.

Pembalap Tim Movistar Yamaha lainnya, Valentino Rossi, menargetkan bisa menjuarai setiap balapan yang akan ia lakoni di balapan MotoGP 2017. Menurutnya, podium di setiap seri wajib didapatkan demi mewujudkan mimpinya meraih titel MotoGP kedelapan. Namun, untuk meraih podium tersebut tentu bukan hal yang mudah untuknya. Pasalnya di awal pramusim, The Doctor –julukan Rossi- belum memiliki performa yang konsisten untuk bisa tampil gemilang di MotoGP 2017. “Target saya adalah selalu memenangkan balapan tetapi saya juga harus kuat dan mencoba berjuang untuk meraih podium,” ungkap Rossi, mengutip dari Crash, Jumat (24/3).

Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, juga optimistis. Iannone akan berjuang sekuat tenaga agar bisa berhasil meraih podium di setiap balapan yang akan dilakoninya. Meski begitu, hasil tes pramusim lalu, membuatnya sedikit harus berwaspada.

Pasalnya di tiga tes pramusim terakhir, bisa dibilang penampilan Iannone kurang onsisten. “Kecepatan di tes tidak buruk tapi saya juga tahu bahwa saya sangat dekat dengan bagian depan,” ungka Iannone. c-yit/l6-com/o-zon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here