Alba, Orangutan Albino di Dunia

    185
    orang utan albino

    Tabengan.com – Alba, nama untuk seekor orangutan ini merupakan satu-satunya orangutan di dunia yang memiliki kulit albino. Orangutan berusia lima tahun ini diselamatkan di sebuah desa di Indonesia oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS).

    Sebelumnya Alba ditangkap secara ilegal dan disimpan dalam kandang tanpa perawatan yang tepat selama beberapa hari sebelum regu penyelamat menemukannya. Alba dipercaya sudah tidak memiliki orangtua lagi.

    Ketika ditemukan, Alba menderita infeksi parasit, dehidrasi, dan berat badannya sangat rendah. Meksipun demikian ia tampak bersikap liar, yang berarti dia masih bisa dilepaskan di alam liar.

    Seperti yang kita ketahui, orangutan biasanya berwarna coklat kemerahan. Namun berbeda dengan Alba yang memiliki warna kulit albino.
    Menurut Treehugger.com seperti dilansir Odditycentral, kondisi Alba menawarkan ancaman tambahan. Seperti masalah penglihatan, pendengaran, dan berisiko besar terkena kanker kulit.

    Oleh sebab itu, yayasan BOS menyelamatkan Alba dan memberikan dia fasilitas layanan yang baik agar Alba bisa bertahan hidup lebih lama.

    “Untuk memastikan bahwa Alba dapat menjalani kehidupan yang bebas dan memuaskan, kami menjadikannya sebagai cagar alam, dimana dia dapat hidup bebas di habitat alami, namun terlindungi dari ancaman yang ditimbulkan oleh manusia,” kata pihak yayasan dalam sebuah pernyataan.

    Cagar alam tersebut memiliki luas sekitar 12 hektar yang dikelilingi parit dekat pusat rehabilitasi orangutan di Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan begitu Alba sebagai orangutan albino satu-satunya di dunia bisa aman dari ancaman manusia.w-com

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here