Asdy Ingatkan Pentingnya Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan

435
sosialisasi 4 pilar asdy narang

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan mengingatkan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya implementasi nilai-nilai kebangsaan. Hal itu disampaikan Asdy saat sosialisasi empat pilar yang dilangsungkan, di SMKN 3 Palangka Raya, Selasa (26/9).

Dalam kegiatan itu, Asdy mengatakan, menyosialisasikan pilar kebangsaan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam mempercepat pemahaman pilar-pilar berbangsa dan bernegara. Hal ini juga sangat penting untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada masyarakat akan pentingnya, memahami Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai sistem sosial bangsa Indonesia.

“Kesadaran memahami ideologi dan konstitusi bernegara merupakan keniscayaan yang tidak bisa diabaikan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia, sudah sejatinya kita pahami dan dalami dalam praktik kehidupan bernegara dan berbangsa,” kata Asdy.

Asdy juga memaparkan banyak Negara maju di dunia, semuanya karena ideologi Negara yang telah mengakar pada hati nurani rakyatnya. “Karena itu, Pancasila merupakan buku manual pedoman bagi bangsa Indonesia dalam rangka mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur,” tegasnya.

Legislator muda dari Dapil Kalimantan Tengah ini juga menjelaskan, Pancasila telah menyatukan bermacam-macam suku, agama dan golongan dalam berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, negara lahir dan berdiri, didasari oleh suatu cita-cita dan tujuan yang ingin diraihnya dalam penyelenggaraan bernegara. Cita-cita yang ingin diraih itu, diwujudkannya dalam ideologi negara sebagai pijakan arah perjuangannya.

“Karena itu, urgensi atas nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah dan ideologi nasional Negara Republik Indonesia, mesti terinternalisasi di dalam pergaulan kehidupan bernegara dan berbangsa kita,” katanya.

Dalam kegiatan kemarin, Asdy didampingi Kepala SMKN 3 Palangka Raya, Hj Sri Sundhari, kemudian Anggota DPRD Kota dari Fraksi PDI Perjuangan, Neny A Lambung, Vina Panduwinata, Riduanto dan pengurus DPD PDI Perjuangan Kalteng Emanuel Milo Wawo.

Dalam kesempatan itu, Asdy juga meninjau sejumlah fasilitas sekolah dan melihat langsung bagaimana siswa-siswi di sekolah itu dalam melaksanakan berbagai kegiatan praktik di beberapa sudut lingkungan sekolah itu.

Sementara itu, Hj Sri Sundhari mengatakan, siswa-siswi yang sedang menuntut ilmu di sekolah tersebut ada sekitar kurang lebih 900 orang. Ke depan, pihaknya juga masih membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk menambah beberapa fasilitas sekolah.

“Kita masih membutuhkan ruang praktik, kita minta dukungan dari DPRD Kota dan DPR RI dalam rangka mewujudkan penambahan fasilitas sekolah ini,” ungkapnya. sgh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here