145 Gelar Akademik

1484
145 Gelar Akademik

INDIA/tabengan.com – masyarakat di selatan India, terutama suku Tamil seringkali digambarkan sebagai orang-orang yang gemar dan terobsesi akan gelar akademis.

Beberapa orang mengatakan, warga di daerah itu akan mencantumkan gelar mereka di berbagai kesempatan, termasuk dalam undangan pernikahan. Karena itu, tidak heran jika dua atau tiga gelar yang dimiliki oleh seseorang di selatan India bukanlah sebuah hal yang aneh.

Tetapi, bahkan bagi orang Tamil, apa yang dicapai oleh Profesor VN Parthiban harus diakui sebagai sesuatu yang luar biasa. Dosen senior di RKM Vivekanda College di Chennai, India itu telah memiliki lebih dari 145 gelar akademik dalam kurun waktu 30 tahun terakhir dan masih berencana untuk menambahnya.

Gelar yang dimiliki pria berusia 50 tahun itu termasuk 8 gelar pascasarjana ilmu hukum (Master of Law/ML), 10 gelar pascasarjana Master of Arts (MA), 12 gelar penelitian (M.Phil), 9 gelar pascasarjana ilmu bisnis (MBA) dan 3 gelar pascasarjana di bidang sains (MSc). Bisa dibayangkan bagaimana panjangnya tulisan pada kartu nama Parthiban.

Lahir di Madras, India dari sebuah keluarga yang biasa, Parthiban mengatakan, dirinya selalu ingin mempelajari sesuatu. Dia memulai perjuangannya dari gelar pertamanya yang sempat terhambat karena kegagalannya dalam ujian penting. Meski mendapat pengalaman buruk itu, Parthiban berhasil lulus dan tidak kehilangan keinginannya untuk terus belajar.

“Saya berjuang keras untuk menyelesaikan gelar pertama saya dan mendapat pekerjaan di departemen kehakiman. Kemudian saya mulai mendaftar di mana pun selama tempat itu tidak memerlukan sertifikat transfer untuk pendaftaran sehingga saya bisa belajar kursus yang berbeda pada saat bersamaan,” ujarnya dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Indian.

“Dalam tiga puluh tahun terakhir saya terus-menerus dalam proses mempersiapkan ujian dan mengajukan gelar baru atau kursus diploma. Setiap Minggu, saya memiliki ujian atau laporan penelitian untuk ditulis,” tambahnya.o-zon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here