Rumah Kosong Terbakar

510
kebakaran jalan pepuyu palangka raya
Petugas damkar naik tangga untuk mencapai asal api yang membakar sebuah rumah di Jalan Pepuyu Blok D, Palangka Raya, Jumat (22/9) petang. TABENGAN/BUDI

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Puluhan mobil pemadam kebakaran melaju kencang membelah gerimis hujan yang melanda Kota Palangka Raya, Jumat (22/9) sekitar pukul 18.00 WIB, menuju Jalan Pepuyu Blok D.

Warga pengguna jalan raya tersentak dan menepi. Dari dalam sebuah rumah bertingkat dua terlihat mengeluarkan asap tebal. Kedatangan mobil dan petugas damkar disambut ratusan warga yang sudah berada di tempat kejadian.

Puluhan petugas damkar dengan sigap memasang slang dan menyemprotkan air ke dalam rumah berkonstruksi beton tersebut. Lantai satu rumah tersebut akan dikontrakan, sedangkan untuk lantai dua terkadang ditinggali pemiliknya.

Petugas terpaksa mendobrak pintu bangunan atas rumah karena dalam keadaan terkunci. Saat pintu terbuka terlihat api sudah membakar plafon rumah di ruang tamu. Berkat kerja sama yang solid, dalam waktu 20 menit saja petugas berhasil memadamkan kobaran api hingga tidak jadi membesar.

Peristiwa yang terjadi di pemukiman padat penduduk tersebut mengagetkan warga setempat. Terlihat warga yang bermukim di kiri kanan lokasi kejadian masing-masing mengeluarkan barang-barang mereka untuk diamankan, karena jarak rumah berdempetan.

Informasi dihimpun Tabengan menyebutkan, kepulan asap pertama kali terlihat terlihat dari bagian lantai 2 rumah kosong milik Nurhasannah (50) tersebut pada pukul 18.00 WIB.

Saat itu listrik di kawasan perumahan tersebut masih menyala, tiba-tiba sejumlah warga berteriak kebakaran. Informasi juga disampaikan melalui pengeras suara masjid di sekitar perumahan tersebut, warga pun berhamburan keluar melihat lokasi rumah yang terbakar.

Warga langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran dan pihak kepolisian serta melakukan upaya pemadaman seadanya agar api tidak sampai menjalar ke bangunan sekitarnya.

Kapolres Palangka Raya, AKBP Lili Warli yang terjun langsung ke lokasi kebakaran mengungkapkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan bahan keterangan dari warga setempat.

Informasi sementara, kata Lili Warli, asal api dari bagian ruang tengah lantai 2. Pada siang harinya sekitar pukul 14.00 WIB, anak dari pemilik rumah ada datang ke rumah tersebut.

“Penyebab kebakaran masih kita selidiki dan keterangan sementara yang kita dapat api dan kepulan asap berasal dari bagian ruang tengah lantai 2 dan saat kebakaran rumah dalam keadaan kosong,” ucap Lili.

Sementara itu, Nurhasanah pemilik rumah yang tiba di lokasi kebakaran sempat terkulai lemas, saat melihat rumahnya terbakar. udi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here