Minat Baca Masyarakat Masih Kurang

818
Pelajar Kec. Jelai menyambut kedatangan Bupati Sukamara
Pelajar Kec. Jelai menyambut kedatangan Bupati Sukamara

SUKAMARA/tabengan.com – Kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Sukamara saat ini adalah masih kurangnya minat baca masyarakat. Untuk menarik minat baca tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mencoba berbagai terobosan, seperti memberikan doorprize dan lain sebagainya.

“Harus kita akui minat baca masyarakat masih kurang, seperti koran saja yang membaca hanya kalangan kantor, sedangkan di masyarakat belum terlalu banyak. Begitu juga dengan perpustakaan hampir sama, hanya didominasi para pelajar,” kata Wakil Bupati Sukamara H Windu Subagio.

Menurutnya, perkembangan pendidikan bisa diukur dari kemampuan peserta didik menyerap dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam dunia kerja. Hal tersebut dapat diwujudkan jika sejak dini secara serius melatih dan membudayakan membaca.

Selain itu, begitu pentingnya kegiatan membaca sehingga kita seharusnya memiliki minat yang tinggi terhadap kegiatan membaca. Ketertarikan terhadap membaca bukanlah suatu hal yang dapat tumbuh seketika, tapi merupakan proses yang membutuhkan waktu dan latihan yang kontinu.

Oleh karena itu, kata Windu, minat baca seharusnya ditumbuhkan sejak anak masih kecil, bahkan sebenarnya dapat dipupuk mulai anak masih dalam kandungan. Seperti banyaknya ibu yang mengajak janinnya membaca dengan membacakan cerita apa saja seperti Nabi atau cerita sahabat Nabi.

Dikatakannya juga, sekarang sudah banyak orang tua yang mulai menyadari penting menumbuhkan minat baca pada anak. Kegiatan ini biasanya dimulai pada fase usia prasekolah. Pada fase tersebut sangat penting dan serius karena merupakan fase dasar pembinaan yang menjadi bekal untuk fase-fase kehidupan berikutnya.

“Dengan membaca diharapkan munculnya penasaran intelektual sebagai modal untuk mengembangkan kreativitas dan daya yang inovatif yang dijiwai dengan nilai kejujuran dan dibingkai dengan kesopanan dan kesantunan,” terang Windu.

Harus disadari juga oleh masyarakat, lanjut dia, membaca buku begitu penting untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membentuk seseorang menjadi pintar, cerdas dan berwawasan luas. c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here