Anjing Penyelamat

1725
anjing penyelamat

CIUDAD DE MEXICO/tabengan.com – Usaha penyelamatan para korban gempa Meksiko masih terus berjalan hingga saat ini. Namun ada seekor anjing yang menjadi sorotan media serta warga setempat usai ia terkenal karena berhasil selamatkan 52 orang di berbagai bencana yang terjadi dan saat ini dikerahkan untuk membantu pencarian korban gempa Meksiko.

Sebagaimana dikutip dari Independent, Jumat (22/9) anjing bernama Frida itu berdinas di Unit Canine Marinir Mexico dan ia tanpa lelah masuk ke celah-celah puing-puing di Kota Ciudad de Mexico untuk mencari para korban. Hingga saat ini setidaknya lebih dari 240 orang kehilangan nyawanya akibat guncangan gempa 7,1 skala Richter yang terjadi di Meksiko.

Ternyata usaha pencarian para korban ini hanya berselang dua pekan setelah Frida diturunkan ke Oaxaca pasca-guncangan gempa di sana. Ketika di Kota Oaxaca, anjing jenis Labrador itu berhasil menyelamatkan 12 orang.

Setelah kabar mengenai usaha Frida menjadi viral, anjing itu pun langsung terkenal di media sosial. Tidak hanya dari Meksiko, para netizen dari berbagai belahan dunia mengucapkan terima kasihnya kepada usaha Frida yang tanpa lelah terus mencari para korban yang masih tertimpa puing-puing bangunan.

Aksinya yang heroik juga mendapatkan pengakuan dari Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. Ia melalui akun Twitter resminya memuji usaha dari anjing labrador tersebut.
β€œIni adalah Frida. Ia merupakan bagian dari SEMAR (Secretaria de Marina) dan telah membantu menyelamatkan 52 nyawa di berbagai bencana alam di tingkat nasional dan internasional,” tulis Nieto di Twitter.

Demi membantu usaha penyelamatannya, Frida diberikan peralatan khusus. Salah satunya adalah kacamata untuk melindungi matanya dari debu serta asap dan sepatu yang membantunya untuk berjalan di medan sulit serta menggali.

Pada video yang diunggah di Youtube, terekam ketika Frida dibawa ke Kota Ciudad de Mexico. Ia serta anggota marinir lainnya disambut dengan meriah oleh para warga setempat yang berharap mereka dapat mempercepat pencarian para korban.o-zon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here