Juara Liga 3, Persegumas Wakili Kalteng di Liga 3 Nasional

1956
persegumas kalteng
Jajaran pengurus Asprov PSSI Kalteng foto bersama tim Persegumas, usai meraih juara 1 Liga 3 2017 Kalteng, di Stadion Tuah Pahoe.

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Turnamen sepakbola Liga 3 Tahun 2017 Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kalimantan Tengah (Kalteng), telah berakhir dan menghasilkan sang juara.

Persegumas menjadi jawaranya setelah pada babak final mengalahkan Persekap Kapuas melalui adu penalti. Persekap Kapuas yang pernah kalah 1-2 dari Persegumas pada pertandingan babak penyisihan di lapangan Makorem, membuat kejutan pada pertandingan final yang digelar di Stadion Tuah Pahoe, Rabu (20/9) pukul 14.30 WIB, dengan mampu menahan gempuran Gumas dan dipaksa bermain hingga 120 menit.

Pertandingan final ini disaksikan langsung Ketua Umum Asprov PSSI Kalteng, Leonard S Ampung, sekretaris Asprov PSSI Ardayan Tanggar, wakil sektretaris H Elbadi Fardian dan ratusan penonton yang memadati tribun Tuah Pahoe. Pertandingan kedua tim berlangsung ketat, bergantian saling menyerang namun kedua tim tak mampu mencetak gol hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih bermain dalam tempo yang sama. Peluang yang tercipta masih belum menjadi gol karena buruknya penyelesaian akhir. Hingga babak pertandingan memasuki menit ke 90 masih belum ada tercipta gol, akhirnya pertandingan dilanjutkan babak tambahan 2 kali 15 menit. Pada 15 menit pertama Persegumas berusaha mengurung pertahanan Persekap, namun kondisi pemain yang sudah kelelahan sehingga tidak lagi berkonsentrasi penuh, membuat banyak peluang terbuang sia-sia.

Sementara Persekap yang mengandalkan serangan balik, peluangnya dimentahkan penjaga gawang Persegumas. Hingga memasukiwaktu tambahan 15 menit kedua, tak gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim, sehingga dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan sang juara.

Penendang pertama pertama dari Persekap Kapuas tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, setelah bola hasil sepakannya melebar keluar di samping kanan gawang. Padahal penjaga awang Persegumas sudah menjatuhkan diri ke arah yang sebaliknya. Begitu juga dengan penendang ketiga tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik karena bola berhasil ditepis penjaga gawang Persegumas dan hanya 2 penendang pinalti yang mampu sukses mencetak gol.

Sebaliknya dengan tim Persegumas, 4 penendang berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, mampu mencetak gol sehingga kedudukan akhir menjadi 4-2. Tim yang dilatih Meidi Dermawan ini memastikan diri menjadi jawara Liga 3 2017 Asprov PSSI Kalteng, mengakhiri dominasi PU Putra yang selama ini selalu menjuarai Liga 3. Usai pertandingan, Leonard S Ampung mengatakan dengan munculnya juara baru Liga 3 ini berharap menjadi motivasi bagi daerah lain di Kalteng. Ia meminta agar Persegumas segera mempersiapkan diri karena akan mewakili Kalteng di Liga 3 tingkat nasional yang bergulir Oktober ini.

“Setelah ini Asprov PSSI Kalteng akan melaporkan langsung kepada PSSI pusat bahwa kita sudah menyelesaikan tingkat daerah ini, saya juga minta agar perlu segera pembenahan tim menambah kekuatan tim yang juara untuk persiapan ke tingkat nasional,” kata Leonard didampingi, Ardayan Tanggar dan H Elbadi Fardian. Menurut Leonard pembenahan itu perlu, melakukan penambahan pemain untuk lini yang dinilai masih lemah. Asprov juga bersiap untuk mensuport bersama Pemkab Gumas terhadap tim Persegumas yang akan mewakili Kalteng ditingkat nasional. yml

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here