Drum Band Gema Bahana Gumas Wadah Pelajar Salurkan Bakat

725
Drum Band Gema Bahana Gumas
Drum Band Gema Bahana Gumas

KUALA KURUN/tabengan.com – Pembinaan terhadap generasi muda mendapat perhatian serius dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Salah satunya adalah dengan melakukan pembinaan pelatihan drumband Gema Bahana Gumas.

“Gema Bahana Gumas dikhususkan bagi generasi muda usia sekolah yang berminat mengasah kemampuan bermusik dalam sebuah kelompok musik,” terang Kepala Bidang Kepemudaan pada Disparpora Kabupaten Gumas, Dedi Koesnawan yang didampingi pelatih Drum band Gema Bahana Gumas Mudi Dayono, kepada wartawan, Senin (18/9).

Berdiri sejak 1 November 2004, awalnya Gema Bahana Gumas berada dibawah binaan Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gumas. Seiring berjalannya waktu dan perubahan nomenklatur, saat ini pembinaan drumband tersebut dilakukan oleh Disparpora Kabupaten Gumas.

Anggota yang tergabung dalam Gema Bahana Gumas adalah para pelajar yang ada di Kuala Kurun. Disini, para pelajar dapat menyalurkan bakat dan minat mereka di bidang musik sehingga diharapkan dapat terhindar dari hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, mencoba minuman keras dan sebagainya.

Ia mengakui, kondisi alat drumband sudah seharusnya melakukan pergantian total, mengingat alat yang digunakan saat ini masih menggunakan pengadaan alat tahun 2006 lalu. Terlebih untuk horn atau alat tiup yang dari segi kondisi dan jumlah sudah tidak ideal dibandingan dengan perkusi atau alat pukul.

“Kita sudah melakukan pengadaan alat baru sekitar tiga jenis. Namun idealnya alat-alat yang lama juga diganti dan perlu dilakukan penambahan horn. Kalau kita ingin mengganti total semua peralatan kita, harganya tidak murah. Namun kita berharap kedepan peralatan drum band bisa dilakukan rehab total,” tandasnya. c-gcm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here