18 Sekolah Ikuti Bimtek Adiwiyata

537
Bimtek Program Adiwiyata di Aula Gawi Barinjam Sukamara
Suasana Bimtek Program Adiwiyata di Aula Gawi Barinjam Sukamara

SUKAMARA/tabengan.com – Untuk menciptakan sekolah yang peduli lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Sukamara melakukan Bimtek bagi sekolah, dan setidaknya 18 sekolah berbagai tingkatan mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukamara Rendy Lesmana mengatakan, Program Adiwiyata merupakan program yang peduli terhadap lingkungan khususnya di sekolah agar lingkungan sehat, bersih dan indah.

“Dengan adanya Program Bimtek Adiwiyata diharapkan sekolah sekaligus seluruh masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita,” kata Rendy.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan Program Adiwiyata Tingkat Kabupaten yang diperuntukan bagi sekolah peduli lingkungan. Bimtek ini sedikitnya diikuti 18 perwakilan sekolah dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA sedrajat.

Selain itu, tujuan dari Program Adiwiyata ini untuk meningkatkan dan mengikutsertakan sekolah, terutama mulai dari SD hingga SMA untuk sama-sama peduli dengan lingkungan hidup. Jadi dalam Program Adiwiyata ini dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi kemudian nasional serta Program Adiwiyata Mandiri.

Dikatakannya juga, untuk Kabupaten Sukamara sendiri saat ini sekolah yang telah mengikuti kegiatan Adiwiyata Mandiri meliputi SMK 1 Sukamara dan SMP 3 Sukamara, mereka sampai saat ini telah diverifikasi oleh Tim Provinsi Kalimantan Tengah.

“Untuk mendorong hal ini, semua lem¬baga pendidikan di Kabu¬pa¬ten Sukamara menjadi se¬kolah adiwiyata, perlu kerja sama de¬ngan seluruh stakeholders yang ada agar terwujudnya seluruh sekolah berwawasan lingkungan,” pinta Rendy.

Ditambahkannya, Program Adiwiyata dilakukan untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

“Dan, dengan program ini juga sekolah dapat mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya. c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here