Tampelas Gunakan ADD Bangun SaranaAir Bersih

931
program air bersih di desa tampelas kabupaten gunung mas
Ketua dan Wakil Ketua TP4D Kejari Gumas didampingi Kepala Diskan Gumas meninjau langsung kegiatan yang dilakukan Diskan, di BBI Kurun Seberang, belum lama ini.

KUALA KURUN/tabengan.com – Desa Tampelas, Kecamatan Sepang memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD) 2017 ini, untuk pengeboran 10 titik sumber air. Dari 10 titik tersebut, sebanyak 7 titik sudah berhasil menemukan sumber air dan tiga titik masih dalam tahap pengerjaan.

Kades Tampelas Mine Yantri mengatakan, masyarakat setempat sangat mendambakan air bersih, mengingat selama ini sebagian harus menggunakan mesin pompa pribadi untuk mendapatkan air bersih.

“Sebagian lagi masih menggunakan sumber air pengeboran dari PPM beberapa waktu silam. Tapi itu masih belum mampu memenuhi kebutuhan terhadap air bersih bagi seluruh masyarakat di Tampelas,” ungkapnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (2/9).

Oleh karena itu, mereka sepakat menganggarkan ADD Tahap I untuk pengeboran sumber air bersih yang tersebar di 10 titik di wilayah setempat. Menurutnya, program air bersih ini masih perlu tambahan lagi agar seluruh masyarakat di Tampelas dapat menikmati air yang layak pakai.

Namun usulan penambahan titik air tersebut akan dilakukan pada 2018 nanti, karena ADD tahap kedua akan digunakan untuk memperbaiki sejumlah akses jalan setempat.

“Akses jalan digunakan oleh masyarakat setiap hari, jadi usulan penambahan titik air akan dilakukan pada 2018,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Sepang Rosalia menyampaikan bahwa pihak Kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gunung Mas (Gumas) telah melihat langsung pengerjaan sumur bor di Desa Tampelas pada Rabu (30/8) lalu dan menyambut baik program dari Pemerintah Desa Tampelas.

Ia berpesan kepada Desa-desa lain di Kecamatan Sepang yang belum melakukan encairan tahap I agar secepatnya mengajukan usul pencairan, sehingga anggaran dana yang telah ditetapkan itu dapat terserap dengan baik.

Sementara, Kepala DPMD Gumas Yulius Agau menyampaikan bahwa program air bersih yang dilakukan oleh Desa Tampelas sangat baik, mengingat masyarakat setempat sangat mendambakan air bersih.

“Sebenarnya yang menyentuh masyarakat, karena air merupakan kebutuhan dasar. Saya berterimakasih kepada Kades dan perangkatnya maupun BPD dan seluruh pihak di Tampelas sehingga program air bersih ini dapat berjalan,” pungkasnya.c-gcm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here