Pemdes Mintin Bangun Pasar Desa

510
pasar desa mintin
Pemerintah Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir membangun pasar dengan menggunakan dana desa (DD),

PULANG PISAU/tabengan.com – Melihat kondisi pasar desa diwilayahnya yang sudah berumur dan kurang reprensetatif, pada tahun anggaran 2017, Pemerintah Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir memprioritaskan untuk membangun pasar dengan menggunakan Dana Desa (DD), saat ini sedang dilaksanakan pembangunannya.

Keberadaan pasar desa tersebut, nantinya diharapkan dapat mendorong aktifitas pasar desa dan pertumbuhan ekonomi, sehigga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Memang ini menjadi program prioritas, karena pasar yang ada sudah tua umurnya. Pembangunan pasar desa ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, ” kata Kaur Pemerintahan Desa Mintin, Berdi, Minggu (3/9).

Dijelaskan Berdi, sebelumnya pelaksanaan pekerjaan, pihaknya sudah melakukan konsultasi dengan DPMD, terkait pembangunan pasar desa dan penyusunan program-program prioritas yang akan dilaksanakan Pemdes Mintin tahun 2017.

Program kerja yang akan laksanakan diantaranya, program untuk melaksanakan program pembangunan yang menyentuh langsung dan menjadi kebutuhan masyarakat, diantaranya membangun pasar desa, membangun 15 jembatan kayu dan rehab jembatan kayu 2 buah, cor beton jalan desa dan lainnya.

Selama ini, sebagian dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur jalan ekonomi masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dampak dari dana desa ini langsung bisa dirasakan oleh masyarakat, karena dengan dana desa dapat memperluas pembangunan diwilayah pedesaan, ” ujarnya menjelaskan.
Pembangunan pasar desa ini di bangun, bersebelahan dengan pasar yang sudah lama di bangun pemerintah setempat dan menelan anggaran Rp. 184.949.000.

Memang, kondisi pasar yang sudah ada ini, tidak bisa lagi menampung para pedagang, dan juga setiap mengikuti lomba pasar desa, selalu menjadi masukan terkait sarana prasaranan dan perluasan bangunan pasar, sehigga pemerintah desa Mintin memprogramkan pembangunan pasar.

“Selain menjadi usulan masyarakat, pembangunan pasar ini juga sudah dibahas dalam Musrembangdes dan juga sudah kita konsultasikan kepada DPMD. Alhamdulillah, tahun 2017 ini kita bisa melaksanakan pembangunan pasar, ” tandasnya. c-mye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here