Pilkada 2018, KPU Kapuas Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

3575
Hak pilih
Ilustrasi

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas berharap partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 mendatang bisa meningkat. Pasalnya, dari data pemilihan legislatif dan Gubernur Kalteng yang lalu menurun.

“Karena itu, KPU selalu berusaha memberikan pemahaman dan dorongan serta mensosialisasikan terhadap masyarakat pemilih agar tidak menghilangkan haknya sebagai pemilih,” kata Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Suhardi di Kuala Kapuas, baru-baru ini.

Penyelenggaraan legislatif Kapuas lalu partisipasi 66,9 persen, Pilpres turun menjadi 60 persen, Pilgub hanya 50,7 persen dari jumlah DPT pemilih 282.808, sehingga ada 140.000 yang tercatat dalam DPT tidak memilih, “Ini tentunya menjadi perhatian serius bagi KPU terhadap partisipasi masyarakat kita,” jelasnya.

Karena itu, tambahnya, upaya kami memberikan pemahaman dan pengertian agar Pilbup 2018 nanti tingkat partisipasi pemilih meningkat, salah satunya menjumpai sejumlah Parpol yang ada di DPRD Kapuas. Kita ajak, mari bersama, melalui parpol tingkat kabupaten diharapkan bisa meneruskan ke tingkat Kecamatan.

Selain melalui jalur politik, katanya, juga melalui SOPD, tokoh masyarakat, tidak ketinggalan melalui sekolah, karena mereka para pelajar ada yang menjadi pemilih pemula, khususnya yang baru lulus.

“Selain sosialisasi, juga menyampaikan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2018 mendatang,” jelas Suhardi.

Atas nama KPU sangat berharap Pilkada Kapuas mendatang partisipasi pemilih meningkat, bahkan bisa mencapai 100 persen.c-hri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here