Semua Hewan Kurban Sehat

499
pemotongan hewan kurban di sukamara
IBADAH KURBAN - Pemotongan hewan kurban oleh Panitia Masjid Babul Jannah Sukamara, Sabtu (2/9).

SUKAMARA/tabengan.com – Dari data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, hewan yang dikurbankan mencapai 200 lebih di seluruh kabupaten Sukamara. Dan, dari pemeriksaan, hewan yang dikurbankan semuanya dinyatakan sehat.

Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Sukamara, Dina Safarina mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan di lapangan baik sebelum pemotongan dan setelah pemotongan, hewan yang akan dikurbankan sehat dan layak untuk dikurbankan.

“Saat kita lakukan pemeriksaan di lapangan hewan kurban dinyatakan sehat semua. Untuk diketahui, hewan kurban yang menyebar di lima kecamatan di Kabupaten Sukamara sebanyak 200 lebih, yang terdiri dari sapi dan kambing,” jelas Dina saat melakukan pemeriksaan hewan kurban di Masjid Babul Jannah sukamara.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Masjid Babul Jannah Jito mengatakan, jumlah hewan yang dikurbankan tahun ini sebanyak 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Pembagian kepada yang membutuhkan dilakukan pada hari Sabtu, sehari sesudah salat Idul Adha.

“Sesuai dengan jadwal, pemotongan harus dilakukan hari Sabtu sampai selesai, dan pada tahun ini, Masjid Babul Jannah melakukan pemotongan 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang dibagikan kepada 600 orang masyarakat yang menyebar di Kabupaten Sukamara,” kata Jito.

Menurutnya, dalam melaksanakan kurban, di Masjid Babul Jannah setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari masyarakat yang ingin berkurban dan ini dibuktikan dengan terus bertambahnya hewan untuk dikurbankan setiap tahunnya.

Selain itu, dengan melihat jumlah masyarakat yang mempercayakan hewan kurbannya ditangani oleh Panitia Kurban Masjid Babul Jannah tentu pada tahun depan kelihatannya semakin meningkat.

Dikatakannya juga, dalam pembagian hewan kurban panitia menyerahkan kepada masyarakat yang melaksanakan kurban. Masjid Babul Jannah dan setiap masyarakat yang ikut berkurban, panitia hanya menyerahkan 5 kupon kepada mereka, apakah diambil oleh mereka atau diserahkan kembali kepada orang lain.

Ditambahkannya, dalam pembagian hewan kurban ini panitia saat memberikan kupon sudah memberitahukan dalam pengambilan daging bisa diambil pada saat pukul 10.00 WIB, namun terkadang jam 09.00 sudah ada yang mengambil dan tetap dilayani juga. c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here