KUA-PPAS Penting untuk Dibahas

1092
Darwandie
Darwandie

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Ketua Komisi I DPRD Kapuas Darwandie, mengatakan, Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), atau yang biasa disingkat KUA-PPAS salah satu agenda pembahasan yang sangat penting bagi dewan dan pemerintah daerah.

Menjadi penting, dimana KUA-PPAS merupakan salah satu rujukan dalam kerangka penyusunan rancangan APBD.“Setiap pembahasan APBD murni dan Perubahan didahului dengan kebijakan umum anggaran serta prioritas pelafon anggaran sementara, karena itu menjadi psangat penting yang namanya KUA-PPAS ini,” sebut Darwandie.

Dikatakannya, bahwa didalam kebijakan anggaran akan termuat beberapa asumsi dasar terhadap hal-hal, sehingga APBD layak dilakukan perubahan dalam kebijakan anggaran, baik anggaran murni maupun perubahan.”Yang juga asumsinya terhadap perhitungan, baik silpa, pendapatan dan asumsi penerimaan daerah, serta asumsi lain yang hubungannya dengan kebijakan umum anggaran di APBD menjadi tolak ukur dalam menetapkan program pada prioritas pelapon anggaran sementara,” kata Darwandie.

Karena itu, lanjut Darwandie, KUA-PPAS tidak dapat dipisahkan dari perencanaan kebijakan terhadap APBD, dan salah satunya APBD perubahan.

“Secara prinsip bahwa kebijakan umum anggaran berdasarkan asumsi dan istimasi, maka disusunlah prioritas plafon anggaran sementara merujuk progres yang terlaksana dan belum terlaksana, dimana bersifat mendesak dan prioritas,” kata Darwandie.c-hr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here