Menlu: Terorisme Jadi Tantangan Negara ASEAN

5453
Retno LP Marsudi
Retno LP Marsudi

JAKARTA/tabengan.com – Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno LP Marsudi menyebut hubungan internasional sangat dinamis. Sejumlah tantangan seperti mempertahankan stabilitas keaman antarnegara harus dihadapi negara di ASEAN secara bersama-sama.

“Tantangan ke depan ASEAN adalah bahwa situasi internasional sangat dinamis sekali. Oleh karena itu tantangan ke depan juga akan sangat dinamis,” kata Retno di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (27/8).

Salah satu tantangan terbesar untuk ASEAN adalah mempertahankan stabilitas keamanan. Salah satunya ancaman terorisme yang rawan di wilayah perbatasan.

“Menjadikan negara ASEAN yang damai dan stabil. Ini merupakan tantangan paling besar bagaimana ASEAN secara bersama dapat tetap mempertahankan stabilitas dan keamanan Asia Tenggara,” katanya.

“Dan juga ke depan kita dihadapkan pada tantangan-tantangan yang sifatnya cross border. Misalnya masalah terorism dan sebagainya,” sambung Retno.

Masa depan ASEAN bergantung kepada sikap negara-negara anggota sendiri. “Oleh karena itu, maka masa depan ASEAN akan bergantung bagaimana ASEAN akan mampu menghadapi dan menangani tantangan ke depan,” tutupnya. d-com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here