Diguyur Hujan, Peringatan HUT RI Berjalan Khidmat

1991
Bupati Barut H Nadalsyah menyerahkan bendera Merah Putih kepada salah satu anggota pasukan pengibar bendera pada peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI
Bupati Barut H Nadalsyah menyerahkan bendera Merah Putih kepada salah satu anggota pasukan pengibar bendera pada peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI

MUARA TEWEH/tabengan.com – Meski diguyur hujan, perayaan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-72 tahun, Republik Indonesia (RI), di Stadion Mini Tiara Batara, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kamis (17/8), tetap berjalan dengan khidmat.

Pada peringatan itu, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Barut H Nadalsyah semnetara Ketua DPRD Set Enus Y Mebas membaca teks Proklamasi. Setelah peringatan itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan remisi secara simbolis kepada narapidana warga binaan Lapas Klas IIB Muara Teweh.

Sementara pada Rabu (16/8) malam, di Balai Antang, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) telah dikukuhkan Bupati H Nadalsyah.

Pengukuhan ini sudah menjadi tradisi tahunan menjelang HUT RI. Setiap anggota Paskibraka mengucapkan ikrar sebelum bertugas.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara mampu melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” kata H Nadalsyah, dalam kata-kata pengukuhannya.

Dalam kegiatan itu, Nadalsyah melingkarkan kendit di pinggang dua perwakilan Paskibra, sebagai tanda bahwa mereka sudah masuk dalam tim inti pembawa Bendera Merah Putih. Acara itu sendiri berlangsung hening dan khidmat, para orangtua dan keluarga turut hadir menyaksikan pengukuhan tersebut.

Ke-43 Paskibraka ini merupakan pelajar pilihan yang direkrut dari berbagai sekolah di 9 kecamatan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Barut.

Mereka dikarantina di Rumah Betang dan diberikan pendidikan pelatihan (diklat) selama beberapa hari. Pada Kamis, 17 Agustus 2017 mereka bertugas mengibar Sangsaka Merah Putih, dan menurunkannya kembali Bendera Merah Putih di sore harinya.

Dan pada Pukul 23.30 Wib, Selasa (16/8), Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda H Jainal Abidin, anggota DPRD, TNI/Polri dan lainnya melakukan renungan suci di taman makam pahlawan. c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here