Karnaval Merah Putih Berlangsung Meriah

1795
Karnaval Budaya DAD Kota Palangka Raya
Karnaval Budaya DAD Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tahun dirayakan masyarakat Kota Palangka Raya dengan sangat meriah. Puluhan tim dari berbagai instansi dan masyarakat umum serta pelajar turut memeriahkan pawai dengan kostum adat dan bendera Merah Putih.

“Pawai budaya 2017 ini sebagai rangkaian acara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Sugianto menuturkan, Pawai Budaya 2017 ini harus lebih meriah dan instansi pemerintahan diharapkan banyak yang turut berpartisipasi dalam acara pawai tersebut. Pengamanan untuk rute pawai dibantu oleh Polda Kalteng dan Korem 102/Panju Panjung, beberapa ruas jalan yang menjadi rute pawai juga dilakukan penutupan sementara.

Tim pertama yang mengawali pawai dimulai oleh tim Polda Kalteng dengan iringan beberapa armada taktis milik Polda Kalteng dan beberapa Personel Brimob dengan sepeda motor. Selanjutnya iringan dilanjutkan dari instansi-instansi pemerintahan dan yang terakhir dari beberapa perguruan tinggi serta sekolah-sekolah.

Warga menyambut dengan antusias dalam acara Pawai Budaya ini, banyak warga yang menonton di pinggir jalan sembari menghabiskan waktu sore hari.

“Total jumlah tim yang turut memeriahkan acara Pawai Budaya ini ada 72 tim dari instansi pemerintahan, perguruan tinggi dan beberapa sekolah,” kata Guntur Talajan selaku Ketua Panitia Pawai Budaya yang juga Kepala Disbudpar Kalteng, Selasa (15/08).

Guntur menjelaskan, pawai dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai. Jumlah peserta yang ikut memeriahkan lebih banyak dan meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa instansi juga ikut mengampanyekan soal pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat.

Rute yang dilalui mulai dari depan Rujab Gubernur, Jalan Yos Sudarso, MH Thamrin, G Obos dan berakhir di Imam Bonjol. Selain menampilkan tarian-tarian adat dan drumband, ada juga beberapa replika perahu naga yang diarak berkeliling. yoh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here