TPS Bukan Tempat Buang Dahan dan Ranting Pohon

1292
Tempat pembuangan sampah di Kasongan
Tempat pembuangan sampah di Kasongan

KASONGAN/tabengan.com – Bagi masyarakat Katingan, khususnya di Kasongan, diminta untuk tidak membuang sampah berupa dahan dan ranting pohon di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Pasalnya, TPS yang disediakan Dinas Perkim di beberapa sudut kota Kasongan, bukan untuk menampung dan mengangkut sampah jenis itu.

Kepala Dinas Perkim Katingan Krisolit Elbaar SE S Hut MM mengatakan, sampah dahan dan ranting hasil pemotongan pepohonan tentu tidak muat bila dibuang di TPS baik permanen maupun TPS dalam bentuk ambrol.

Akhirnya, sampah jenis ini hanya diletakkan di bagian luar TPS. Selain mengganggu pemandangan juga membuat warga lain kesulitan bila hendak membuang sampah ke dalam TPS.

“Dengan dibuangnya sampah dahan dan ranting kayu di sekitar TPS tersebut, kami khawatir akan merusak pemandangan kota Kasongan sebagai ibukota Kabupaten,” jelasnya, Selasa (15/8) pagi.

Terkait tentang pembuangan sampah dahan dan ranting kayu pohon tersebut, pihaknya bukan sekedar melarang, tapi juga memberikan solusi kepada masyarakat, yakni segera hubungi petugas atau pasukan kuning atau bisa juga langsung datang menghadap kepada dirinya, bila membutuhkan pengangkutan sampah berupa dahan dan ranting pohon.

“Begitu menerima laporan dari masyarakat, saya siap untuk mengangkut sampah yang berasal dari dahan dan ranting kayu tersebut, dengan menggunakan armada yang telah kami sediakan,” kata mantan kepala Dinas Kehutanan ini.

Semua yang dilakukan ini, menurutnya, selain untuk membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan persampahan, juga ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Kenyamanan adalah memberikan udara yang segar dan sejuk, sehingga kota Kasongan sebagai Kota Hijau, dapat bernafas dengan udara yang sejuk, tanpa bau-bauan tak sedap,” kata Krisolit.c-dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here