Alsintan Harus Dimanfaatkan

1752
Bantuan alsintan untuk petani di Kobar
Bantuan alsintan untuk petani di Kobar

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah mengharapkan agar kelompok tani yang menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), bisa memanfaatkannya.

Hal itu dikatakan Bupati dalam acara penyerahan Alsintan kepada kelompok tani. Kegiatan dihadiri pengusaha yang juga suami Bupati, HM Ruslan dan seluruh unsur Forkompinda Kobar, di halaman Kantor Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP).

Bupati menuturkan bahwa pembangunan nasional masih berprioritas pada tanaman padi, jagung, dan kedelai (pajale). Namun di Kobar pengembangan harapan meningkatkan produksi pertanian, yang mana salah satu upayanya dengan menyediakan alsintan.

“Dengan adanya alsintan ini kami mengharapkan bisa digunakan sebagaimana fungsinya. Saya juga harapkan agar PPL bisa memberikan pengarahan kepada kelompok tani cara menggunakan alsintan, jangan sampai alsintan itu hanya disimpan dalam gudang, ” ucapnya.

Sebab menurutnya, setelah monitoring, justru ditemukan alsintan hanya ditutup terpal karena tidak mengerti cara menggunakannya.

Sementara Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaluddin mengatakan, harga alsintan yang masih mahal maka pemerintah membantu menyerahkan bantuan ini. Bantuan ini merupakan perjuangan dari Anggota Komisi IV DPR RI, Hamdhani untuk peningkatan sektor pertanian dan tanaman pangan.

Bantuan alsintan berupa 4 unit traktor roda empat, 9 traktor roda dua, 5 pompa air, 5 konseler pemipil jagung, dan 1 combain harvester kecil.

H Hamdhani menyebut, sebagai anggota DPR RI Dapil Kalteng, ia mengapresiasi pemerintah daerah atas komunikasi yang baik pihaknya terkait masalah pertanian. Bantuan ini juga sudah kesekian kalinya dilaksanakan di 14 pemerintah daerah.

“Ini wujud aspirasi kami sebagai DPR RI, sesuai demgan nawa cipta. Indonesia tidak lagi import tanaman pangam seperti beras dan jenis holtikultura dari negara lain. Diharapkan pula poktan harus bisa memanfaatkan alsintan dengan baik dan jangan hanya disimpan di rumah. Pasalnya, alat-alat ini harganya cukup mahal, sehingga akan mubazir jika tidak digunakan,” kata Hamdhani.c-uli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here