Tim Ekspedisi Tularkan Semangat Nasionalisme

807
Tim ekspedisi merah putih di Kabupaten Kotawaringin Barat
Tim ekspedisi merah putih di Kabupaten Kotawaringin Barat

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah menggelar ekspedisi Merah Putih, yakni berkeliling ke seluruh kabupaten dan kota se Kalimantan Tengah dengan membawa Bendera Merah Putih.

Pada Jumat (4/8) sore, tim ekspedisi tiba di Pangkalan Bun dan disambut Pemerintah Kabupaten Kobar di halaman Istana Kuning. Diketahui, tim ekpedisi Merah Putih dibagi menjadi 2 jalur.

Untuk jalur selatan melewati 6 Kabupaten, dari Palangka Raya menuju Katingan, ke Kotim, Seruyan, dan Kobar. Selanjutnya pada Sabtu (5/8) pagi, dilepas lagi menuju ke Sukamara dan Lamandau.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah menerima Bendera Merah Putih. Ia mengucapkan terima kasih. Tim ekspedisi menyerahkan Bendera Merah Putih ini sebagai simbol pesan dan ajakan untuk kembali menggelorakan semangat nasionalisme.

Perjalanan membawa Bendera tersebut bakal diteruskan menuju Kabupaten Sukamara dan Lamandau. Terakhir Bendera Merah Putih akan dikibarkan di perbatasan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

“Kami menyambut baik atas kedatangan tim ekspedisi Merah Putih dalam rangkaian HUT ke-72 RI. Bahkan antusias masyarakat juga terlihat saat tim tersebut datang. Meski sempat hujan tapi masih bersemangat,” kata Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah.

Wabup mengatakan, tujuan kegiatan ekspedisi Merah Putih untuk memeriahkan HUT ke-72 RI sekaligus untuk membangkitkan semangat nasionalisme seluruh masyatakat Kalimantan Tengah, khusus Kabupaten Kobar yang dilewati tim ekspedisi.

“Tim ekspedisi ini menularkan semangat nasionalisme untuk mengajak masyarakat bisa mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai simbol kemerdekaan RI. Jika melihat sejarah bahwa untuk bisa mengibarkan Bendera Merah Putih butuh perjuangan yang tidak mudah. Sehingga masyarakat harus ikut melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif,” jelasnya.

Ia menambahkan, belakangan ini berbagai upaya untuk memecah belah NKRI. Namun masyarakat harus bijak dan berpikir positif serta tidak mudah menerima isu negatif yang bisa memecah-belah. Masyarakat harus bisa melawan hoax.

Sementara Wakapolres Kobar Kompol Dhovan Oktavianto mengatakan, kedatangan tim ekspedisi Merah Putih disambut antusias masyarakat. Bahkan tim yang datang sempat berkeliling di Kota Pangkalan Bun diikuti berbagai komunitas di Kobar.c-uli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here