Dewan Dukung Pemberantasan Penyalahgunaan Obat

3332
Achmad Amur
Achmad Amur

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Peredaran narkoba menjadi salah satu persoalan yang kini terus mendapat tindaklanjut dari pemerintah. Hal itu juga mendapat perhatian dari kalangan wakil rakyat di provinsi.

Menurut Anggota Komisi C H Achmad Amur, pihaknya mendukung upaya dalam memerangi peredaran barang haram tersebut. “Tidak hanya perang terhadap narkoba saja, namun juga penyalahgunaan obat-obatan wajib ditekan,” ucapnya disela-sela rapat kerja, belum lama ini.

Menurutnya, penegak hukum serta unsur masyarakat, bisa bersama-sama dalam menekan perkembangan penyalahgunaan obat. Pihaknya sendiri sangat prihatin, atas permasalahan tersebut.

Masyarakat juga punya andil dalam mencegah ataupun menekan hal itu agar tidak meluas. Dirinya menilai penyalahgunaan obat serta narkoba, sudah sangat mengkhawatirkan.

Pasalnya perkembangannya sudah merambah berbagai kalangan termasuk anak usia sekolah. Tidak hanya di perkotaan saja, namun hingga ke pelosok pedesaan.

Kondisi ini sudah merupakan ancaman serius bagi bangsa dan negara. Apalagi menyangkut masa depan masyarakat Kalteng. “Ada banyak jenis yang harus ditekan, untuk penyalahgunaan obat dan hal lainnya,” ucap mantan Bupati Pulang Pisau dua periode itu. Dicontohkannya seperti lem fox, obat jenis daftar G, atau kategori lain yang berpotensi disalahgunakan.
Problema itu saat ini, marak terjadi di lingkup masyarakat.

Untuk itu diharapkan seluruh pihak, ikut mengawasi pergaulan dari anak-anak. Tidak hanya orangtua di rumah, namun juga pihak sekolah yang aktif, dalam melaksanakan pengawasan. Artinya peran aktif dari semua unsur sangat diperlukan minimal melakukan pencegahan dan penekanan.

Pria yang akrab dengan masyarakatnya itu menambahkan, selain membuat aturan, harus ada kerjasama dengan orang tua dan pihak sekolah. Pihak sekolah, ujarnya, bisa memberikan pemahaman bahaya penggunaan obat tersebut. drn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here