Bupati Sambut Kedatangan Mahasiswa STAHN-TP

3028
Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STIAH-TP) Palangka Raya KKN di Katingan
Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STIAH-TP) Palangka Raya KKN di Katingan

KASONGAN/tabengan.com – Bupati Katingan H Ahmad Yantenglie SE sambut kedatangan 45 orang Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STAHN-TP) Palangka Raya, Kamis (23/3) kemaren.

Hadir dalam penyambutan, diantaranya Sekda Drs Nikodemus MM, Asisten I Drs H Jainudin Sapri, dan Staf Ahli di jajaran Pemerintah Kaupaten (Pemkab) Katingan serta Ketua Majelis Hindu Kaharingan Drs Kundit dan ketua STAHN-TP Palangka Raya.

Bupati menyambut baik kedatangan puluhan Mahasiswa tersebut untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerahnya, guna melengkapi salah satu persyaratan kelulusan yudisiumnya.

“Kami banyak terimakasih kepada ketua dan Mahasiswa STAHN-TP yang mempercayakan daerah kita Kabupaten Katingan menjadi salah satu Kabupaten untuk melaksanakan KKN,” kata Bupati.

Selanjutnya, dia juga menyebutkan 4 wilayah kecamatan yang menjadi tempat mereka KKN, diantaranya di Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Tasik Payawan, dan Kecamatan Katingan Tengah.

Sedangkan waktu KKN, diperkirakan selama 1 bulan. Sementara untuk tempat tinggal selama KKN, ditempatkan di rumah-rumah penduduk setempat.

Selain untuk memenuhi persyaratan yudisium, menurutnya, KKN juga bertujuan menerapkan ilmu-ilmu yang telah diajarkan oleh para dosennya pada saat di bangku kuliah. Kemudian mempraktekan di masyarakat.

“Dengan demikian, saya berharap kepada para Mahasiswa yang ber KKN ini di satu sisi dapat pula bermamfaat bagi masyarakat setempat,” terangnya.

Kendati kegiatan KKN ini lebih banyak terkait masalah keagamaan, namun menurutnya bukan berarti kegiatan lainnya diabaikan. Pasalnya, agama sebagai pondasi dan sekaligus keyakinan.

Dengan mempelajarinya ilmu agama, tentunya dapat pula mereplikasikan ilmu tersebut kepada masyarakat di saat melaksanakan tugas KKN ini.

Misalnya merefleksikan kehidupan kita. Karena, di dalam ilmu agama, di dalamnya juga termasuk ilmu sosial, ekonomi dan ilmu-ilmu lainnya. Di dalam ilmu agama, sudah dipelajari bagaimana hubungan sebagai insan atau makhluk ciptaan Tuhan dengan Tuhannya, dan bagaimana pula hubungan manusia dengan manusia atau antara Hablumminanas dengan Hablumminallah dan antara Hablumminanas dengan hamblumminanas.

“Contoh hubungan antar sesama manusia, seperti hubungan bisnis. Dan contoh hubungan antara manusia dengan Tuhan, seperti wajib mematuhi apa yang diwajibkannya dan menjauhi pekerjaan apa saja yang dilarangnya,” jelasnya.c-dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here