Meriahkan HUT,Pemkab Laksanakan Berbagai Lomba

1439
Pawai jalan kaki dalam rangka HUT Barito Utara
Pawai jalan kaki dalam rangka HUT Barito Utara

MUARA TEWEH/tabengan.com – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke 67 Kabupaten Barito Utara (Barut), berbagai kegiatan diadakan. Seperti pada Sabtu (22/7) pagi, digelar jalan sehat dan senam sehat bersama, di arena Tiara Batara Muara Teweh.

Kegiatan itu diikuti Wakil Bupati Ompie Herby, Ketua DPRD Set Enus Y Mebas, Wakil Ketua II H Acep Tion, Sekda H Jainal Abidin, usur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, Kepala SOPD dan seluruh ASN lingkup Pemkab setempat.

Kepala Disbudparpora Barut H Arbaidi mengatakan, menyambut HUT berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan. Rangkaian kegiatan tersebut melaksanakan kerja bakti di Lapangan Hijau Muara Teweh, senam bersama dan jalan santai pada Sabtu (22/7) kemarin dan pada Minggu (23/7) dilaksanakan pawai jalan kaki yang diikuti pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA, Dinas instansi lingkup Pemkab Barut.

“Untuk kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan akan dilaksanakan pada Senin, 24 Juli mendatang. Dalam festival budaya ini cabang yang akan diperlombakan diantaranya yakni sepak sawud, balogo, besei kambe, dayung, manyipet, manyumpit, manetek, maneweng, tari pesisir pedalaman dan karungut,” kata Arbaidi, Minggu (23/7).

Sedangkan untuk peserta yang akan mengikuti event ini berasal dari perwakilan dari sembilan kecamatanan se Kabupaten Barito Utara, dan khusus untuk lomba karungut dan tari dibuka untuk umum, sebab tahun lalu ada beberapa kecamatan yang tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba ini.

Ia juga mengimbau kepada pihak kecamatan agar mempersiapkan pesertanya. Masing-masing pemenang juara I dari setiap cabang lomba Festifal Budaya Iya Mulik Bengkang Turan, nantinya akan mewakili Barito Utara untuk mengikuti festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalteng yang akan dilaksanankan di Palangka Raya. c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here