108 Kantong Darah Terkumpul di Event Jalan Sehat

147
Peserta donor darah di CFD Kota Palangka Raya
Peserta donor darah di CFD Kota Palangka Raya

Tabengan.com – Kegiatan jalan sehat sekaligus donor darah, yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kota menjadi sebuah event yang terbilang sukses. Seluruh item dari pelaksanaannya, mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat setempat. Yang menarik, tidak hanya dari sudut pandang jalan sehatnya saja, namun juga mereka yang berjiwa sosial untuk rela menyumbangkan darahnya.

Meski hujan cukup deras mengguyur Kota Palangka Raya, Minggu (16/7) pagi, rupanya tidak menyurutkan semangat warga Kota Cantik, untuk turun berolahraga ke kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran Besar. Lebih lengkap lagi, manakala di lokasi kegiatan warga tersebut sedang diselenggarakan jalan sehat dan donor darah dalam rangka Hari Jadi Kota Palangka Raya ke 52, ini makin membuat warga terkesan.

Kendati rela”berbasah-basahan”, warga tetap berbondong-bondong ikut serta diacara jalan sehat tersebut. Uniknya lagi, animo publik juga tidak berkurang ketika berpartisipasi dalam agenda donor darah bertempat di sebuah tenda kecil, tepat di depan halaman Rujab Isen Mulang Gubernur Kalteng, dan kegiatan itu berhasil mengumpulkan 108 kantong darah.

Agenda olahraga dan aksi sosial yang dihadiri Walikota Palangka Raya H Riban Satia tersebut, menurut Ketua PMI Kota Palangka Raya H Rusliansyah, dalam rangka pihaknya (PMI Kota) ingin mempopulerkan kegiatan sosial donor darah kepada masyarakat.

“Melalui aksi donor darah, sama artinya sejumlah nyawa bisa diselamatkan. Dan disadari, masih banyak sejumlah masyarakat yang hingga saat ini sangat membutuhkan darah,” ucapnya.

Untuk lebih banyak lagi warga terlibat dalam penyelamatan ini, pihaknya tak akan henti-hentinya untuk terus mensosialisasikan bahwa donor darah itu tidaklah menakutkan. Apa yang dilakukan sejumlah relawan itu, sama sekali tidak berbahaya. “Apalagi donor darah berdampak positif bagi kesehatan serta metabolisme tubuh. Intinya, sama saja dengan sirkulasi darah menjadi lebih murni serta bersih,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Aston Pakpahan mengatakan, kupon yang dibagi pada jalan sehat berjumlah hampir 4000 lebih. “Hadiah yang dibagikan kepada peserta berjumlah 132 buah, dengan hadiah utama 2 buah sepeda motor,” ujar Aston.(Didin Rakhmadin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here