Tanamkan Bela Negara dan Revolusi Mental Gerakan Pramuka

2461
Edy Pratowo
Edy Pratowo

PULANG PISAU/tabengan.com – Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Pulang Pisau H. Edy Pratowo disela melantik pengurus kwartir cabang gerakan Pramuka Pulang Pusau Masa bhakti 2016-2021, Kamis (23/3) mengatakan, ada 2 pesan yang dititipkan kepada pengurus baru, dimana saat ini pemerintah mencanangkan bahwa bela Negara harus menjadi ideologi bagi semua warga Negara Indonesia dan itu tertuang dalam undang-undang.

“Kita menginginkan kepada pelatih atau pembina pramuka aktif mengajarkan kepada peserta didik, para pemuda yang mana disebut jiwa pancasila serta semangat NKRI,” ujar Edy, yang juga dihadiri langsung oleh Ketua Gerakan Pramuka Kalteng Sipet Hermanto, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Handep Hapakat.

Dikatakan Edy, selain bela Negara, ia juga menitipkan pesan agar menggalakan revolusi mental, karena revolusi mental adalah semangat yang digalakan oleh pemerintah Republik Indonesia, bentuknya antara lain bagaimana revolusi mental dimulai dari keluarga, rumah tangga, sekolah, tempat bekerja, organisasi, birokrasi dan seterusnya.

“Revolusi mental salah satunya adalah rajin/tidak malas, siap menyingsing baju bila dibutuhkan. Tidak mudah mengeluh dan masih banyak lagi yang lainnya,” tegasnya menjelaskan.

Melalui gerakan pramuka kita kembangkan potensi kaum muda dengan berbagai program untuk membentuk kepribadian, watak dan pekerti generasi muda yang mampu menjawab tantangan bangsa dan negara pada masa depan.

Apalagi, dapat disadari bahwa saat ini sebagian dari generasi muda terjerumus dalam prilaku menyimpang dan dis-orientasi hidup. Sebagian lainnya terlibat dalam pergaulan bebas atau berada dibawah pengaruh obat terlarang.

“Saya menginginkan kepada kakak-kakak yang baru dilantik menggunakan momentum ini untuk mengantarkan kembali gerakan pramuka Kabupaten Pulang Pisau menjadi pramuka teladan dan baik,” pungkasnya. c-mye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here