Desa Jihing Butuh Jaringan Listrik

2644
Ilustrasi listrik
Ilustrasi

SUKAMARA/tabengan.com – Kepala Desa Jihing Ali Swanto mengatakan, masyarakat desa setiap tahunnya selalu berharap agar jaringan listrik bisa masuk ke desa mereka. Seperti halnya desa-desa lain yang saat ini sebagian besar sudah mendapatkan dan terpasang jaringan listrik, begitu juga yang diharapkan masyarakat Desa Jihing.

“Masyarakat Desa Jihing sangat mengharapkan jaringan listrik dapat masuk ke desa kami, karena dari desa yang ada di Kecamatan Balai Riam ini, Desa Jihing meruapakan desa yang sampai saat ini belum ada jaringan listrik dari PLN,” kata Ali, kemarin.

Menurutnya, harapan masyarakat Desa Jihing wajar-wajar saja, seperti desa-desa yang sampai saat ini juga belum mendapat jaringan listrik. Untuk Desa Jihing sendiri jaringan lsitrik ini sudah lama diharapkan masyarakat, apalagi Desa Jihing merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Selain itu, Desa Jihing berada di jalan poros menuju Kecamatan Manis Mata, sehingga Desa Jihing bisa dijadikan barometer masyarakat yang melintas jalan mengenai pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara, karena apa yang diinginkan masyarakat mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Sukamara.

Dikatakannya juga, selama ini masyarakat desa mendapat aliran listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), namun daya yang dialirkan ke rumah-rumah masyarakat sangat terbatas. Apalagi cuaca yang ada terkadang tidak mendukung, sehingga daya yang dihasilkan juga sedikit.

“Penerangan di Desa Jihing memang dipasok PLTS, namun daya kan terbatas, bagaimana masyarakat mau menyalakan televisi, memasang kulkas, ditambah lagi dengan cuaca terkadang tidak bersahabat, sehingga energi yang tersedia terkadang tidak mencukupi untuk dialirkan ke rumah masyarakat,” ungkap Ali.

“Apa yang diharapkan masyarakat tentu bisa direalisasikan pemerintah daerah, walaupun kita tahu pemerintah juga telah memikirkan hal tersebut dan pembangunan dilakukan secra bertahap karena anggaran yang dimiliki pemerintah sangat terbatas. Namun kita terus berharap agar keinginan masyarakat dapat diwujudkan dengan cepat,” tambahnya. c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here