3 Pekan Setelah Lebaran, Arus Balik Masih Tinggi

2935
Penumpang arus balik di pelabuhan Sampit
Penumpang arus balik di pelabuhan Sampit

SAMPIT/tabengan.com – Meski sudah tiga minggu lebaran Idulfitri 1438 Hijriyah usai, namun arus balik lebaran di Pelabuhan Sampit masih tinggi. Sejumlah kapal penumpang yang merapat di pelabuhan tersebut disesaki penumpang yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masih tingginya arus balik tersebut terlihat saat tiga buah kapal yang dioperasikan PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama tiba di Pelabuhan Sampit, Kamis (13/7) pekan lalu. Ketiga kapal tersebut menurunkan sekitar 3.904 penumpang.

Dua kapal milik PT Pelni yang tiba di Pelabuhan Sampit tersebut yakni KM Sirimau dan KM Kelimutu. Sedangkan satu kapal milik PT Dharma Lautan Utama yakni KM Kirana I. “Ada dua kapal kami yang tiba di Pelabuhan Sampit. Alhamdulillah alur penumpang turun dan naik kapal berjalan lancar,” ungkap Agus Suprijatna, Kepala PT Pelni Cabang Sampit, pekan lalu.

KM Kirana I dari Semarang tiba di Pelabuhan Sampit mengangkut 676 penumpang dan 69 kendaraan campuran. Kapal ini kembali diberangkatkan ke Semarang pada Jumat pagi dengan mengangkut 310 penumpang dan 33 unit kendaraan.

Sedangkan KM Kelimutu tiba di Sampit pada Kamis sore membawa 1.607 orang, kemudian diberangkatkan lagi pada Jumat pagi dengan mengangkut 152 penumpang. KM Sirimau tiba dari Semarang membawa penumpang 1.621 orang dan kembali diberangkatkan pada Jumat pagi mengangkut 170 penumpang..

Arus balik di Pelabuhan Sampit memang diprediksi berlangsung lama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni hingga satu bulan setelah lebaran Idulfitri. Itu dikarenakan pemudik didominasi pekerja swasta yang sengaja libur lama di kampung halaman mereka di pulau Jawa.c–arb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here