16 Ribu KK Belum Nikmati Listrik

3097
Ilustrasi listrik
Ilustrasi

MUARA TEWEH/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) berkomitmen seluruh desa di wilayah Barut teraliri listrik. Saat ini dari jumlah RT/KK yang sudah menikmati aliran berlistrik, baik dari PLN maupun sebanyak 35.429 RT/KK. Sementara yang belum menikmati listrik 16.002 RT/KK atau sekitar 68,89 persen.

Untuk itu dalam rangka program terangisasi di wilayah Barut, Bupati H Nadalsyah melakukan kunjungan ke kantor PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalteng di Banjarbaru, Kalsel, Jumat (14/7) pekan lalu.

“Saat ini baru 35.429 kepala keluarga di 46 desa yang menikmati listrik dari PLN, dan yang belum menikmati listrik sebanyak 16.002 kepala keluarga,” kata Nadalsyah didampingi Asisten Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Jufriansyah, Kepala Dinas PUPR H Ferry Kusmiadi, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah H Aswadin Noor dan Kepala Bappeda-Litbang Muhlis.

Menurut Nadalsyah, kunjungan tersebut dalam rangka mendorong pihak PLN untuk mempercepat pembangunan jaringan listrik sampai ke desa-desa yang belum dialiri listrik di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Dijelaskannya, kewenangan urusan pembangunan kelistrikan, ada pada kewenangan pemerintah pusat melalui PLN sehingga pemerintah Kabupaten Barito Utara berkomitmen penuh mendorong agar seluruh wilayah kabupaten ini teraliri listrik dari PLN.

“Apalagi saat ini telah beroperasinya PLTMG dari blok Bangkanai di Desa Karendan, Kecamatan Lahei yang sudah interkoneksi wilayah Kalteng hingga Kalsel, sehingga desa-desa di tempat kami bisa dialiri listrik tersebut,” katanya dihadapan General Manajer PLN Wilayah Kalsel-Kalteng Purnomo dan pejabat PLN lainnya.

Lebih lanjut Nadalsyah mengatakan bahwa pembangunan jaringan listrik menjadi prioritas dalam pembangunan di wilayah Kabupaten Barito Utara sebagai aspirasi masyarakat. “Sehingga betapa pentingnya pembangunan jaringan listrik untuk wilayah Kabupaten Barito Utara yang merupakan ring I (sebagai daerah penghasil gas untuk PLTMG) yang semestinya menjadi prioritas untuk pemasangan listrik sampai desa-desa,” katanya.c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here