Ini Lokasi Calon Ibu Kota RI

2323
tugu soekarno
Tugu Soekarno, sebuah monumen wacana pemindahan ibukota ke Palangka Raya

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah menyiapkan lahan seluas 300 ribu hektare untuk dibangun menjadi lokasi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Tengah Yuren S Bahat mengatakan, lokasi tersebut terletak di tiga kabupaten yang ada di Kalteng.

“Hampir 300.000 ha lahan sudah disiapkan, jika memang pemerintah pusat membutuhkan lahan yang diminta. Sebagian ada di Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas,” katanya, kepada wartawan, Jumat (14/7).

Lokasi tersebut ditempuh dari pusat kota Palangka Raya ke arah barat menuju Kabupaten Katingan. Sekitar 1 jam, melewati jalan raya Tjilik Riwut sepanjang 35 kilometer, hingga masuk ke wilayah Tangkiling menuju arah Sampit. Infrastruktur jalan yang dilewati mulus tanpa ada jalan yang berlobang.

Di lokasi lahan yang dimaksud tersebut kini masih berupa kawasan hutan lebat. Salah satu lokasi tersebut berada di pinggir jalan raya menuju Sampit atau perbatasan antara kota Palangka Raya dan Katingan, dan juga dekat dengan tempat wisata Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut. Jika dilihat dari lokasi wisata Bukit Batu tersebut, tampak luasan hutan yang belum ada akses masuknya.

Tampak pula pagar-pagar kawat yang membatasi antara lokasi Bukit Batu tersebut dengan salah satu irisan wilayah dari lokasi pembangunan Ibu Kota baru yang disiapkan. Hutan tersebut diisi oleh pohon-pohon akasia yang tampak berjejer dan berpadu dengan tumbuhan-tumbuhan liar lainnya. Adapun status lahan yang berada di tiga daerah tersebut merupakan milik negara. d-com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here