Bersihkan Sampah yang Sumbat Drainase

2687
BEJO RIYANTO
BEJO RIYANTO

KUALA PEMBUANG/tabengan.com – Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengharapkan, instansi terkait segera membersihkan sampah yang menutupi saluran drainase. Banyaknya sampah yang menyumbat saluran drainase jelas mengganggu. Apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi, sehingga air yang mengalir pada saluran drainase akan meluap ke badan jalan.

“Apabila turun hujan, maka air yang mengalir di saluran drainase itu akan terhambat, dan akibatnya air akan meluap ke jalan dan akan menggenangi jalan. Tentunya jalan bisa rusak juga,” ujar anggota dewan dari Dapil I, baru-baru ini.

Selain itu, lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, dengan adanya sampah-sampah yang menyumbat saluran drainase di tepi jalan akan menimbulkan bau yang tidak sedap, serta merusak pemandangan. Sehingga terkesan jorok dan kurang adanya perhatian terhadap kebersihannya, terutama pada lokasi tempat pembuangan sampah sementara yang terletak di pinggir jalan yang hanya menggunakan penampungan tong sampah sementara. Akibat tong sampahnya tidak mampu menampung sampah, akhirnya sampah berserakan di tepi jalan dan menutupi saluran drainase.

“Kalau kita pandang, akan membuat mata yang melihat terasa kurang nyaman, dan lagi akan merusak keindahan kota. Karena, rata-rata terdapat di tepi jalan yang sering dilalui masyarakat. Dan lagi itu juga bisa menjadi sarang bagi berkembangbiaknya berbagai penyakit,” terangnya.

Dikatakan, Kota Kuala Pembuang ini merupakan Ibu kota Kabupaten Seruyan, sehingga harus menjadi cermin yang lebih bagus, baik dari segi keindahan tata kotanya, maupun kebersihannya.

“Yang namanya ibu kota itu di mana-mana harus menjadi contoh dan harus lebih baik atau lebih indah dari yang lain. Jadi kebersihan dan keindahan itu harus tetap dijaga dan selalu diperhatikan,” tegasnya.

“Kita berharap agar pihak Pemkab khususnya instansi terkait, bisa segera membersihkannya, jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Karena hal ini akan mengganggu warga,” tambahnya. c-din

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here