Kotim Diminta Waspada DBD dan Malaria

3058
HM TAUFIK MUKRI
HM TAUFIK MUKRI

SAMPIT/tabengan.com – Masyarakat Kabupaten Kotim, diminta meningkatkan kewaspadaan selama masa musim hujan yang melanda wilayah itu. Pasalnya selain rawan terjadi banjir, penyebaran penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) serta malaria pun sangat rentan terjadi saat musim tersebut.

“Untuk itu saya minta warga bersiap dan selalu waspada juga selalu menjaga lingkungan agar senantiasa sehat dan bersih untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut,” ungkap Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri Jumat (14/7).

Dilanjutkan Taufiq dengan menjaga lingkungan selalu bersih maka segala macam potensi penyakit yang biasa muncul di musim penghujan bisa diatasi dengan baik. Disamping itu ia juga tak lupa meminta masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih agar kondisi tubuh selalu fit dan tidak mudah sakit.

“Saya mewanti-wanti sejak dini agar kita dapat mengantisipasi sejak awal. Apalagi kondisi Kotim semua wilayah ditetapkan endemi sDBD dan juga untuk malaria untuk itu diperlukan sinergitas dari semua pihak untuk memeranginya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan setempat dr Faisal Novendra Cahyanto mengatakan bahwa pihaknya telah mengimbau kepada seluruh puskesmas untuk siaga dan waspada akan penyebaran penyakit tersebut dengan memberikan pelayanan dan penanganan cepat terhadap pasien yang berobat dengan gejala penyakit DBD serta malaria

Selain itu ia juga memastikan stok obat untuk pasien yang menderita kedua penyakit itu pun kondisinya dalam jumlah cukup di puskesmas.c-may

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here