Musda II DAD Mura, Perdie Terpilih Secara Aklamasi

2647
Perdie M Yoseph saat memberikan sambutan pada pembukaan Musda II DAD Mura
Perdie M Yoseph saat memberikan sambutan pada pembukaan Musda II DAD Mura

PURUK CAHU/tabengan.com – Musyawarah Daerah (Musda) II Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Murung Raya (Mura), yang digelar Rabu (12/7) malam, menetapkan Perdie M Yoseph terpilih sebagai Ketua DAD Periode 2017-2022 secara Aklamasi.

Selain untuk mencari Ketua DAD periode lima tahun ke depan untuk menggantikan Ketua DAD sebelumnya, Willy M Yoseph, juga untuk mempertanggungjawabkan pengurus DAD periode 2017-2022 dan menyusun program kerja selanjutnya.

“Di samping memilih pemimpin DAD untuk lima tahun ke depan, juga untuk mempertanggungjawabkan pengurus DAD periode 2017-2022 serta menyusun program kerja juga menjadi tujuan kegiatan agar program kerja DAD lima tahun ke depan bisa terarah dan sesuai apa yang diharapkan,” ungkap Ketua Panitia Musda II DAD Mura, Herianson D Silam saat menyampaikan laporan.
Ia mengatakan, tiga agenda penting itu akan dibahas selama pelaksanaan Musda II yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari.

“Untuk kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari saja, sedangkan untuk pembiayaan kegiatan selain dari anggaran DAD sendiri, juga dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya,”ujarnya.
Dimana, lanjut Herianson, tema yang diangkat pada Musda II DAD adalah, teruskan, tingkatkan pengembangan budaya dan pelestarian adat Dayak demi suksesnya program Mura Sehat dan Mura Cerdas sebagai jembatan untuk menuju Mura Emas 2030.

Sedangkan subtema yang diangkat yaitu melalui Musda II, Kita tingkatkan peran kelembagaan adat Dayak dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Dayak serta terwujudnya jati diri, harkat dan martabat masyarakat Dayak melalui ‘Belum Bahadat’ dalam falsafah Huma Betang di NKRI.

Sementara itu, Bupati Mura Perdie M Yoseph dalam sambutannya menjanjikan sebuah sepeda motor untuk semua Damang se-Mura. Sepeda motor itu untuk menunjang kegiatan serta tugas para Damang.

“Paling lambat Desember 2017 nanti sudah terealisasi, karena saya yakin dan percaya dengan adanya kendaraan dinas ini nantinya Damang dapat meningkatkan kinerjanya,” ungkap Perdie saat Musda, di gedung DAD Jalan Tjilik Riwut, Rabu (12/7) malam.

Pemberian bantuan satu unit sepeda motor per Damang ini juga atas usulan para damang yang selama ini sering meminta fasilitas tersebut untuk meringankan tugas mereka.

Menurut Perdie, bantuan tersebut sementara dikhususkan untuk Damang dulu, sedangkan para mantir adat yang posisinya di bawah damang akan dipertimbangkan di kemudian hari.

“Se-Mura inikan ada 11 orang Damang, usulan mereka ini sudah saya pertimbangkan dari jauh-jauh hari dan saya pastikan paling lambat Desember nanti sudah diberikan ke masing-masing Damang,” jelasnya. c-vid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here