BBGRM Kembali Dilaksanakan

2691
Juara pertama lomba gotong royong masyarakat di Sukamara
Juara pertama lomba gotong royong masyarakat di Sukamara

SUKAMARA/tabengan.com – Puncak peringatan Bulan Bakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM), Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga kembali dilaksanakan dan mengambil tempat di Desa Jihing Kecamatan Balai Riam. Pembukaan langsung dilakukan oleh Bupati Sukamara H Ahmad Dirman.

Dirman mengatakan, peringatan BBRGM, Hari kesatuan Gerakan PKK maupun Hari Keluarga hendaknya bukan sekadar agenda atau seremonial, tetapi kegiatan ini sangatlah penting dan strategis, terutama dalam meningkatkan motivasi masyarakat untuk terus membudayakan semangat gotong-royong, rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

“Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kemitraan antara semua elemen masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di semua lini,” kata Dirman.

Menurutnya, tidak dapat pungkiri bahwa budaya gotong-royong merupakan salah satu ciri masyarakat Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu dan diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun. Gotong-royong merupakan solidaritas sosial, yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga setiap warga yang terlibat di dalamnya, memiliki hak untuk dibantu dan berkewajiban untuk membantu. Dengan kata lain, di dalam budaya gotong-royong terdapat asas timbal balik dan tanggung jawab moral dan sosial.

Kemudian, lanjutnya, dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Sukamara, tentu sangat ditentukan oleh partisipasi dan gotong-royong masyarakat dalam bentuk prakarsa dan swadaya, di mana lembaga kemasyarakatan seperti LPMD, TP-PKK, karang taruna, Posyandu, RT, RW, dan lembaga kemasyarakatan lainnya, diharapkan terus berperan aktif dalam setiap kegiatan kemasyarakatan agar semua permasalahan dapat dipecahkan secara bersama-sama.

Dikatakannya juga, PKK merupakan salah satu organisasi yang diharapkan menjadi wadah potensial motor penggerak dalam pembangunan. PKK merupakan gerakan masyarakat yang selama ini aktif berperan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan masyarakat, partisipasi dan kiprah PKK selama ini tentu tidak diragukan lagi.

“Saya berharap agar Hari Kesatuan Gerak PKK yang kita laksanakan hari ini dapat dijadikan momentum bagi seluruh jajaran pengurus dan segenap kader PKK yang ada di kabupaten sukamara untuk terus meningkatkan kualitas, kiprah, dan partisipasinya dalam pelaksanaan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Sukamara,” ucap Dirman.

Berkaitan dengan Hari Keluarga, Dirman mengatakan, keluarga merupakan wadah dalam dasar–dasar bagi kaidah–kaidah pergaulan hidup. Keluarga unit terkecil dalam masyarakat dalam membentuk suatu tatanan kehidupan dan sarana terdepan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti mulia. keluarga sejahtera yang bercirikan ketahanan dan kemandirian yang tinggi.c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here