Daftar di PPP, H Mulyar Tantang Petahana di Pilkada Mura

2754
H Mulyar Samsi
H Mulyar Samsi

PALANGKA RAYA/tabengan.com – H Mulyar Samsi siap menantang petahana pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya (Mura).

Untuk mewujudkan aspirasi masyarakat yang berkembang di kabupaten tersebut, Selasa (11/7), H Mulyar mengembalikan berkas pendaftarannya ke kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalteng. Dalam pengembalian berkas pendaftaran tersebut, H Mulyar diterima oleh dua Wakil Ketua DPW PPP Kalteng, Sosiawan Widodo dan Gusti Rafiq serta Wakil Sekretaris DPW Yedi Samsudin.

Menurut dia, keinginan untuk maju pada Pilkada di Mura, selain untuk mewujudkan aspirasi masyarakat yang menginginkan dirinya memimpin kabupaten tersebut, dia juga mendapat dukungan dari Sugianto Sabran, yang saat ini menjabat Gubernur Kalteng.

“Hari ini saya sudah mengembalikan berkas formulir sebagai pencalonan saya mengikuti calon Bupati Murung Raya periode 2018-2023. Saya sudah menyerap aspirasi masyarakat di sana bahkan Pak Gubernur sudah menyatakan bahwa di sana itu adalah harga mati itu harus orang Muslim yang didukung beliau,” kata H Mulyar.

Mengenai dukungan Gubernur, ia menyebut hal itu sudah disampaikan Sugianto di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, usai dilantik sebagai Gubernur. “Beliau mengatakan, ‘Bang Haji saya minta tolong Bang Haji maju di Murung Raya.’ Dan saya tidak menjawab, hanya saya bilang kalau bisa saya di Barut, karena massa saya di sana ada 28 persen, saya waktu itu diusung PDI Perjuangan,” kata Mulyar.

Mulyar yang sebelumnya pernah bertarung di Pilkada Barut ini menjelaskan, saat ini PPP di Mura memiliki tiga kursi dan untuk meloloskan dirinya pada Pilkada nanti, sehingga masih perlu dua kursi. Ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik (Parpol). Di antaranya PKS, Gerindra, PKB dan Golkar.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Abdul Razak. Dan data kita sudah kita sampaikan ke Ketua DPD Golkar H Ruslan. Yang namanya partai yang awal saya rangkul pasti akan saya kedepankan, itu saja. Itu prinsip saya, dan saya sudah berbicara banyak dengan teman-teman saya akan berharap juga PPP berkomitmen dengan saya kalau saya terpilih, Insya Allah PPP akan di depan,” tegasnya.

Saat ini terang dia, ada beberapa yang sudah melamar untuk menjadi calon wakilnya, baik dari internal PPP seperti Sirajul dan juga dari partai lain, Ketua DPRD Mura Gad F Silam dan Donny dari PDI Perjuangan, kemudian ada nama Susilo, Rejikinoor dan Kaspul Anwar.

“Untuk calon wakil ini yang melamar ada empat muslim, ada tiga nonmuslim. Tapi yang jelas yang sudah melamar dan sudah menentukan sikap, kalau saya maju di Mura Ketua DPRD Gad F Silam akan siap mendampingi saya yang nonmuslim. Namun nanti saya siap, kalau sudah melihat peta politik, apabila peta politik ini saya head to head dengan petahana saya akan mengambil pasangan muslim-muslim itu harga mati. Tapi apabila muslim dua pasang saya akan dudukkan nonmuslim,” pungkasnya.

Saat yang sama, Wakil Sekretaris DPW PPP Kalteng, Yedi Samsudin mengatakan, saat ini sedikitnya ada 6 orang yang telah mendaftar di PPP Kalteng untuk maju di Pilkada Mura, termasuk H Mulyar Samsi. Namun saat ini, pihaknya masih melakukan penjaringan dan semua yang mendaftar masih memiliki peluang yang sama.

“Untuk survei secara real masih belum melakukan, kita masih melihat siapa-siapa yang masuk, siapa-siapa yang punya potensi. Pada dasarnya PPP itu saat ini tetap memprioritaskan kader. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk nonkader yang memiliki potensi akan kita dorong,” terangnya. sgh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here