Perlu Konsep Mengembangkan Wisata

2907
Wisata di Lamandau
Wisata di Lamandau

NANGA BULIK/tabengan.com – Kabupaten Lamandau sebenarnya memiliki potensi pariwisata, khususnya wisata alam yang cukup banyak. Oleh karena itu, perlu pengelolaan yang maksimal agar potensi wisata yang ada dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Dunia pariwisata pasti akan berkembang kalau ada inovasi dalam konsep yang jelas. Untuk itu, Pemda perlu mengidentifikasi, serta mengoptimalkan destinasi wisata sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya,” kata anggota MPR/DPD RI utusan Kalteng, H Muhammad Rakhman Ebol, saat kunjungan kerja ke Lamandau, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pembangunan ekonomi melalui sektor pariwisata perlu lebih ditingkatkan dan pemerintah daerah harus memiliki konsep inovasi untuk mengembangkan dunia pariwisata di daerahnya.

Muhammad Rakhman Ebol menilai, Kabupaten Lamandau memiliki potensi wisata sangat luar biasa, utamanya wisata alam dan sungai di Kecamatan Delang yang masih terjaga keasliannya.

“Kalau konsep untuk membangun perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata itu tidak jelas, maka akan memunculkan permasalahan lainnya. Jadi, kematangan konsep merupakan keharusan bagi pemimpin untuk mengambil keputusan dalam pengembangan dunia pariwisata di daerahnya,” terang mantan anggota DPRD Kabupaten Kobar itu.

Selain harus memiliki konsep yang jelas, sambung dia lagi, pengembangan pariwisata untuk menjadi penunjang perekonomian masyarakat juga harus dilakukan melalui kompetensi dan koordinasi.

“Dalam hal ini, kompetensi harus mencakup kemampuan para stakeholders untuk mengelolanya. Sedangkan koordinasi berarti mencakup kemampuan pemimpin daerah tersebut untuk melakukan sinergi, baik antara masyarakat, swasta, dan dunia usaha,” tukasnya. c-kar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here