Letus: Pelaku UKM Disarankan Urus IUMK

2866
Letus Guntur
Letus Guntur

KUALA KURUN/tabengan.com – Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, dan Koperasi (Distransnakop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gunung Mas (Gumas) Letus Guntur mengajak para pelaku UKM di Kabupaten Gumas agar memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Dengan memiliki IUMK, akan ada berbagai keuntungan yang didapat para pelaku UKM.

Ia mengatakan, di Kabupaten Gumas, tercatat ada 2.937 unit UKM yang terdiri atas 2.606 unit usaha mikro, 330 unit usaha kecil, dan satu unit usaha menengah.

”Untuk saat ini, hanya ada 267 pelaku UKM yang telah memiliki surat IUMK,” terang Letus saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/7).

Sebenarnya, IUMK sangat bermanfaat bagi para pelaku UKM, karena IUKM merupakan akses bagi para pelaku UKM ke perbankan. Jika pelaku UKM memiliki IUMK, maka perbankan dapat menyalurkan pinjaman modal ke pelaku UKM. Namun jika pelaku UKM tidak memiliki IUMK, maka perbankan juga tidak dapat menyalurkan pinjaman modal.

Proses pengurusan IUMK juga cukup mudah. Para pelaku UKM cukup meminta rekomendasi dari Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, menyiapkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan membawanya berkas-berkas tadi ke Kecamatan. Nantinya, Kecamatan akan memproses lebih lanjut dan Camat akan mengeluarkan IUMK .

“Ini tidak dipungut biaya. Jadi kami harapkan para pelaku UKM yang belum memiliki IUMK agar segera mengurusnya, karena akan sangat bermanfaat bagi pelaku UKM,” ucapnya menambahkan.

Selain itu, untuk meningkatkan usaha dan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku UKM, nantinya juga akan dibentuk Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Pembentukan PLUT ini diharapkan dapat meningkatkan usaha, SDM, pembinaan, konsultasi, pengelolaan dan promosi, serta lainnya sehingga dapat bersaing dengan pelaku usaha dari daerah lain.c-gcm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here