OPD dan Pemdes Kurang Koordinasi

2053
Bupati Sukamara Ahmad Dirman saat menghadiri kegiatan
Bupati Sukamara Ahmad Dirman saat menghadiri kegiatan

SUKAMARA/tabengan.com – Ada beberapa program pembangunan yang tidak tepat sasaran, khususnya di daerah pedesaan karena kurangnya koordinasi antara OPD yang memiliki program dan pemerintah desa (Pemdes) yang akan menerima program tersebut.

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengakui masih ada beberapa program yang dikerjakan OPD maupun instansi terkait yang menangani program tidak sinkron dengan keinginan Pemdes. Karena itu, ke depannya OPD maupun Pemdes selalu berkoordinasi dengan baik mengenai program yang akan dilaksanakan di desa.

“Kurangnya koordinasi antara Pemdes dan instansi terkait dapat menyebabkan program pembangunan yang dilaksanaan tidak tepat sasaran dan kurang bermanfaat, sehingga pembangunan tak sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Dirman, belum lama ini.

Menurutnya, program pembangunan yang kurang tepat sasaran selain itu jangan sampai tumpang tindih, harus disinkronkan. Hal ini berkaitan proyek yang dilaksanakan OPD dengan proyek yang dilaksanakan oleh Pemdes, sehingga apa yang direncanakan dapat sesuai dengan program yang telah ditetapkan.

Selain itu, adanya program pembangunan yang kurang tepat sasaran atau masih belum diperlukan desa. Karena itu koordinasi sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan, pengerjaaan yang tidak tepat pada sasaran.

“Untuk menghindari hal tersebut dari sekarang dan seterusnya diharapkan instansi terkait terlebih dahulu mencari masukan dari masyarakat dan aparat desa setempat, apakah program pembangunan sudah sesuai kebutuhan dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Jangan sampai program pemerintah menjadi sia-sia,” katanya.

Dikatakannya juga, dalam pembangunan peran serta masyarakat melalui aparat desa ikut menyampaikan dan memberikan masukan bagi pembangunan Kabupaten Sukamara agar lebih baik lagi. Aparat desa bisa menyampaikan keinginan masyarakat tersebut melalui instansi teknis terkait, agar program tepat sasaran.

“Dalam pembangunan, para Kades, camat dapat memberikan masukan dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta kepada pimpinan sehingga program yang dilaksanakan sesuai dengan keinginan masyarakat dan memberi asas manfaat,” tegas Dirman.c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here