Kelurahan Mendawai Dinilai

3644
Pembukaan penilai lomba Desa dan Kelurahan di Sukamara
Pembukaan penilai lomba Desa dan Kelurahan di Sukamara

SUKAMARA/tabengan.com – Lomba kelurahan dan desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Sukamara dimulai, Kelurahan Mendawai Kecamatan Sukamara dan Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai menjadi wakil Kabupaten Sukamara dalam lomba tingkat Provinsi Kalteng tahun 2017 ini.

Ketua Tim Evaluasi Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalteng Drs Mihing SH, M,Si mengatakan, ada perubahan sistem penilaian dalam lomba desa/kelurahan tahun ini yang mengacu pada Permendagri nomor 81 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan sebagai tuntutan adanya perubahan undang-undang 6 tahun 2014 tentang desa.

“Setidaknya ada beberapa kriteria penilaan dalam evaluasi lomba desa dan kelurahan kali ini, seperti bidang pemerintahan dan administrasi laporan yang akan menilai seberapa baik kelurahan atau desa dalam mengelola administrasi, lalu ada indikator kesehatan, pendidikan, partisipasi masyarakat, dari sisi pemberdayaan masyarakatnya juga dinilai,” ujar Mihing sebelum melakukan penilaian.

Menurutnya, desa dan kelurahan yang nantinya mendapat nilai baik bisa mewakili Kalteng ditingkat nasional, karena itu desa dan kelurahan manapun yang nanti menjadi juara pertama akan diundang untuk menghadiri peringatan 17 Agustus di Istana Negara.

Sedangkan untuk juara kedua juga akan diundang pada perayaan HUT 17 Agustus di Istana Isen Mulang Palangka Raya nantinya.

“Karena nanti kalau mendapat juara ditingkat nasional akan menjadi tempat belajar desa lain, apa yang baik dan bisa menjadi juara,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial PMDPP dan PA Sukamara Banjarnahoor mengatakan, melalui lomba desa dan kelurahan yang digelar diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemerintahan desa, keluagan serta masyarakat dalam membangun desa dan kelurahan.

“Kita berharap dengan adanya lomba desa dan kelurahan ini, masyarakat dan pihak pemerintahan desa serta juga kelurahan dapat berperan aktif dalam membangun dan memajukan desa dan kelurahannya,” kata Banjarnahoor.

Ditambahkannya, dengan adanya motivasi dari masyarakat dan pihak pemerintahan desa dan kelurahan seiring dengan meningkatnya pembangunan, maka juga dapat semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat oleh aparatur yang ada dipemerintahan.c-goes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here