SDN 1 Palangka Ludes Dilalap Api

490
SDN 1 Palangka yang terbakar
SDN 1 Palangka yang terbakar

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kebakaran terjadi di SDN 1 Palangka, Jalan Tjilik Riwut Km 1, Selasa (4/7) sekitar pukul 18.30 WIB. Api menghanguskan seluruh ruang kelas dan ruang kantor guru serta kantin sekolah. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Diduga, api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Berdasarkan penuturan Kaminah, salah satu warga di sekitar lokasi kebakaran, awal mulanya dia mendengar suara orang berteriak “Kebakaran! Kebakaran!”

Mendengar teriakan itu, ia pun keluar rumah dan melihat SDN 1 Palangka telah terbakar. Api dilihatnya berasal dari ruang kantin yang terletak di paling pojok sekolah.

Pondasi atap yang terbuat dari kayu dan beratapkan multiroof membuat api merembet cepat ke ruang kelas yang ada di sampingnya.

Setidaknya 15 unit pemadam kebakaran ditambah mobil water cannon dari Dit Sabhara Polda Kalteng terjun dalam upaya memadamkan api di tengah hujan gerimis tersebut. Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli mengatakan, dalam kebakaran tersebut 7 ruangan ludes dilalap api, yakni ruang kantor guru dan seluruh ruang kelas.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Api membesar sekitar pukul 18.30 WIB,” katanya di lokasi kebakaran.

Sementara, Kepala SDN 1 Palangka Hawun E Serang menyebutkan, setiap harinya sekolah dijaga oleh Aprianus yang turut tinggal di sekitar komplek sekolah. “Yang jaga sekolah namanya Aprianus. Kadang dia juga mencari barang bekas. Ruang yang terbakar kantor, ruang kelas dan kantin,” sebutnya.

Berdasarkan pantauan Tabengan, sulitnya akses jalan menuju sekolah menyebabkan petugas damkar kesulitan memadamkan api. Turut hadir dalam meninjau langsung lokasi kebakaran Karo Ops Polda Kalteng Kombes Pol Tetra, Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Ignatius Agung Prasetyoko, Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli dan Kapolsek Pahandut AKP Roni Wijaya. fwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here